Breaking News

Agus Rommy Kuda Hitam di Pilkada Pasbar 2020.


Oleh : Idenvi Susanto (Pengamat Milenial)

PASBAR, Figurnews.com

Kemunculan calon perseorangan (independen) Bupat dan Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Agus Susanto-Rommy Candra dinilai fenomenal. Bahkan hingga hari-hari menjelang pencoblosan popularitasnya cenderung merangkak naik.

Hal ini terlihat dari antausiasnya ratusan warga yang menyambut blusukan calon nomor urut 5 di setiap Nagari (Desa) dan 11 kecamatan yang disambangi.

"Calon independen yang awalnya dipandang sebelah mata, justru kini menjadi kuda hitam di Pilkada Pasaman Barat," kata mantan Ketua Alumni STAI-YAPTIP sekaligus pengamat Politik Melinial Pasbar,  Idenvi Susanto, Selasa (29/9).

Masyarakat Pasbar memberikan dukungannya mencapai 24.434 dukungan KTP, melebihi dari yang disyaratkan KPU. Semula, lanjut Iden, dukungan KTP sebanyak itu sangat mustahil, apalagi calon yang diusung bukan dari kalangan berada yang memiliki uang yang banyak. Ternyata, kata Iden, masyarakat berbondong-bondong menyerahkan KTP-nya sebagai syarat dukungan untuk mereka.

Menurut Iden, dukungan masyarakat Pasbar itu tidak berhenti sampai pada pengumpulan syarat KTP, justru dukungan masyarakat Pasbar terlihat selama masa kampanye.

"Ini terlihat dari dukungan masyarakat dan relawan yang membeludak di setiap wilayah yang mereka kunjunggi," ujar Iden

Bahkan, kediaman Agus Susanto, di Ujung Gading dan Rommy Candra perumnas Nagari Lingkung Aur, Kecamatan Pasaman, telah berubah menjadi semi posko relawan. "Setiap hari ada puluhan orang yang datang silih berganti untuk bersilaturahmi bersama pasangan calon Independen tersebut." ungkap Iden.

Iden menilai dukungan masyarakat Pasbar terhadap Agus Susanto-Rommy Candra yang semula sebatas gerakan sosial kini telah menjelma sebagai gerakan politik untuk memilih pemimpin yang menjadi pilihan rakyat.

"Ini membuat mata semua orang terbelalak bahwa ternyata masyarakat Pasbar bisa menentukan pilihan pemimpinnya sendiri," kata Wakil Ketua KNPI Kabupaten Pasaman Barat ini.

Menurut Iden, kemunculan Agus Susanto- Rommy Candra pada Pilkada Pasbar menjadi inspirasi bagi semua anak muda Pasbar. "Sebagai orang keturunan Pasbar, tentunya saya ikut termotivasi," katanya.  

Nama Agus Susanto dan Rommy Candra dikenal dan diperbincangkan oleh banyak kalangan dan masyarakat luas bukan karena pangkat dan jabatannya, melainkan karena kepiawaiannya merangkul semua golongan terutama masyarakat kelas bawah. Pasangan yang akrab disapa Agus-Rommy nomor urut 5 ini dalam kesehariannya tak ingin menjaga jarak dengan siapapun apalagi dengan masyarakat kecil seperti petani, nelayan, pelajar, mahasiswa, dan pedangang yang dijumpainya. 

Jika dilihat dari laporan harta kekayaan calon Bupati dan wakil Bupati Pasaman Barat  dari Sumber LHKPN KPK RI.

Agus Susanto Agus Susanto memiliki harta kekayaan sebesar 3,473 Miliar

Sementara Rommy Candra 57 juta rupiah.

Agus Susanto yang merupakan mantan anggota DPR RI periode 2014 – 2019 ini melaporkan harta kekayaannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 4 September 2020 sebesar Rp3,473 miliar.

Tanah dan bangunan yang dimiliki oleh Agus Susanto sebanyak 5 titik dengan nilai sebesar Rp1,940 miliar. Kemudian, ia juga memiliki mobil Land Cruiser VX tahun 2000 senilai Rp250 juta. Harta bergerak lainnya senilai Rp4,033 miliar, serta kas dan setara kas sebesar Rp750 juta. Selain itu, Agus Susanto juga tercatat memiliki utang sebesar Rp3,5 miliar.

Sedangkan Rommy Candra sendiri melaporkan harta kekayaannya ke KPK sebesar Rp57 juta dan memiliki utang sebesar Rp286,396 juta.

Walaupun demikian, ia mempunyai harta kekayaan berupa tanah dan bangunan senilai Rp342,5 juta sebanyak 3 titik, kemudian harta bergerak lainnya senilai Rp1,2 juta.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre