Breaking News

Kesiapan Ketahanan Pangan di KTN Desa Kedung Gunung Kaler.






TANGERANG, FIGURNEWS.COM

 Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi mengunjungi Kampung Tangguh Nusantara (KTN) di Desa Kedung, Kecamatan Gunung Kaler Kabupaten Tangerang, Kamis (6/08/2020) pukul 16.00 Wib.

Turut mendampingi, Kapolsek Kresek AKP Suyana, Camat Gunung Kaler Saedaman, SH., M.Si, Danramil Kresek Kapten Inf. M. Ridwan, Sekcam Gunung Kaler Herman, Kepala Desa (Kades) Kedung H. Saadullah berserta jajarannya. Selain itu turut hadir tokoh agama setempat, KH. Sobari.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolresta Tangerang menilai, Desa Kedung telah memiliki kesiapan ketahanan pangan yang sangat baik. Sehingga, wilayah ini dinilai benar-benar tangguh.

Di sisi lain, Ade juga melihat bahwa masyarakat terbukti mampu menjaga diri dari wabah Covid-19. Hal ini terlihat dari upaya pihak desa setempat bersama jajaran Polsek Kresek yang terus mensosialisasikan Protokol Kesehatan.

"Kita lihat, Desa Kedung ideal sebagai Kampung Tangguh Nusantara. Ada pos ronda yang aktif, posko Covid-19, cek suhu maupun lumbung pangan. Selain itu masyarakat dan Forkopimda juga sangat kompak," puji Kapolresta.



Usai memberi sambutan, Kapolresta Tangerang beserta rombongan meninjau sejumlah titik ketahanan pangan.

Diantaranya; sentra beras organik yang dihasilkan oleh petani di Desa Kedung. Beras organik yang dikembangkan H. Rasidi (ayah Kades Kedung) ini juga banyak dipesan pejabat Kabupaten Tangerang, salah satunya Bupati Ahmed Zaki Iskandar.

Selanjutnya, Ade juga meninjau budidaya ikan lele dan mujahir serta tanaman obat keluarga yang dikembangkan oleh ibu-ibu PKK Desa setempat. Yang menarik, pihaknya juga memuji modifikasi motor penyemprot disinfektan yang perakitnya adalah staf Desa Kedung.

"Saya berpesan agar warga meningkatkan upaya ketahanan pangan melalui aneka tanaman di lahan-lahan tidur," kata Ade.

Di tempat sama, Camat Gunung Kaler Saedaman, SH., M.Si mengatakan bahwa Desa Kedung menjadi desa percontohan di wilayah Gunung Kaler dari sisi kreatifitas warga, ketahanan pangan dan pemerintahan desa.

"Di sini, masyarakatnya semuanya berperan aktif dan kreatif mengembangkan berbagai usaha untuk menunjang penghasilan keluarga," ujarnya.

Di sisi lain, Saedaman menyatakan bahwa wilayah Kecamatan Gunung Kaler masuk zona hijau Covid-19, dimana tidak ditemukan sama sekali kasus penyakit tersebut. "Semoga hingga Covid-19 berlalu, tidak ditemukan kasus Covid-19 di wilayah kami," ungkapnya.

Kapolsek Kresek AKP Suyana menambahkan, pihaknya bersama Forkopimcam Gunung Kaler terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan pada fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) saat ini.

"Melalui Kampung Tangguh Nusantara, jajaran Polsek Kresek bersama Koramil Kresek dan Kecamatan Gunung Kaler terus bersinergi dalam memberikan pembinaan yang ada kaitannya dengan bagaimana cara kita beradaptasi dengan Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru ini," jelas Kapolsek.

Sosialisasi yang terus dilakukan agar warga mematuhi protokol kesehatan;  selalu menggunakan masker saat di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan selalu menerapkan physical distancing. (DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre