Breaking News

Satu Penumpang Kapal Sabuk Nusantara Positif Covid-19

Foto: Konfrensi Pers

MENTAWAI. FN- Salah seorang penumpang Kapal KM Sabuk Nusantara Tujuan Padang (Pelabuhan Teluk Bayur)-Painan - Mentawai yang tiba di dermaga Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, pada jumat (29/08) Dilaporkan Terkonfirmasi Positif Virus Corona.

Dilansir dari haluan.com, Pasien yang diketahui merupakan warga Kabupaten Sijunjung itu sengaja datang ke Kepulauan Mentawai untuk menghadiri acara keluarga, yang mana sebelumnya pada tanggal 25 agustus 2020 tim gugus tugas telah melakukan pemeriksaan kesehatan melalui Swab Test terhadap pasien tersebut. 

"Kebetulan keluarnya hasil swab pada Sabtu 29 Agustus, yang bersangkutan telah sampai di Tuapejat, sehingga tim gugus tugas Sijunjung melaporkan ke kita bahwa ada warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 berkunjung ke Mentawai," Papar Serielie BW Juru Bicara Tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Bidang Teknis , Minggu (30/08) di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Mentawai. 

Setelah mendapatkan informasi tersebut tim gugus tugas setempat langsung melakukan Isolasi terhadap A (51) yang diketahui merupakan seorang PNS tersebut di Ruang Isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Ia menyebutkan saat ini kondisi pasien baik-baik saja, hanya saja kata Serielie BW Orang Tanpa Gejala (OTG) tersebut memiliki riwayat hipertensi, untuk itu dia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak membully yang bersangkutan melalui sosial media.

"Kondisi pasien saat ini baik-baik saja atau istilahnya Orang Tanpa Gejala, jadi kita harapkan jangan ada komentar di sosial media yang menyudutkan pasien, takutnya pasien syok dan berdampak buruk bagi pemulihan kesehatan pasien, sebab pasien juga ada hipertensi, " tuturnya. 

Saat ini pihaknya telah melakukan Isolasi mandiri sementara terhadap orang yang telah kontak langsung dengan pasien, yang mana yang bersangkutan datang ke Mentawai untuk menemui calon besannya yang berada di Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara.

"Kita sudah melakukan Tracing terhadap orang yang sudah kontak langsung dengan pasien dan akan mengikuti isolasi mandiri sementara, samapai hasil swab test keluar, kemudian pasien juga tetap menjalani isolasi di RSUD sampai hasil PCR Swabnya dua kali berturut-turut negatif," terangnya. 

Sementara itu dikesempatan yang sama Juru Bicara Tim Gugus Tugas Bidang Kesehatan setempat yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayan Kesehatan Dinkes Mentawai Arifman Zebua menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya penumpang kapal KM Sabuk Nusantara yang datang pada 29 Agustus untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis yang disiapkan oleh tim gugus tugas. 

"Untuk di Tuapejat kita akan mengambil spesimen di Dermaga dan hari ini dilaksanakan pada pukul 16:00 -18:00 Wib dan dikirimkan pada hari senin menggunakan kapal Mentawai Fast, kemudian hari senin kita lakukan lagi pengambilan spesimen pada jam yang sama dan dikirimkan menggunakan kapal ASDP, jika masih ada yang tertinggal kita lakukan lagi pada hari Rabu pukul 10:00 - 12:00 Wib dan dikirimkan menggunakan Kapal Mentawai Fast," paparnya. 

Kemudian pihaknya juga akan melakukan Tracing dan mengambil spesimen di Sioban Kecamatan Sipora Utara dan Kecamatan Sikakap, sesuai rute pelabuhan yang disinggahi Kapal KM Sabuk Nusantara. "Di Sioban kita sudah dapatkan data ada 8 orang yang turun kapal dan segera melakukan Swab Test, kemudian di Sikakap juga hari ini akan dilakukan Swab test oleh tim gugus tugas setempat, harapan kita semoga penumpang lainnya tidak tertular, " pungkasnya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre