Breaking News

Ratusan Jemaat Majelis Gereja HKBP Cibinong Menolak Pemecah Belah dan Pelantikan Pendeta Tiapul Hutahaean.



CIBINONG - FIGURNEWS.COM

Kekisruhan para Jemaat Majelis Gereja HKBP Cibinong Jawa Barat dengan adanya gangguan dalam pembangunan gereja yang sedang berjalan, sehingga pembangunan gereja terkatung-katung serta adanya pihak yang mengganggu pembangunan gereja yang diidam-idamkan para Jemaat yang berjumlah sebanyak 1600 an orang.

Menurut Sintua TJ. Siahaan Ketua Majelis Perbendaharaan mengatakan akar permasalahannya ada di pembangunan Gereja ini yang sedang kita lakukan ini, dan waktu itu ada Panitia pembangunan dengan salah satunya Sintua dan mereka kerjakan satu mengurus IMB dan IMB ada gambarnya dan ada hitungan biaya dan skema yang ditawarkan yakni sebesar Rp 20,8 Miliar kemudian pelaksanaannya menggunakan partner melalui tender kemudian pendanaan menggunakan pinjaman dari luar dengan DP Rp 4,5 miliar dari gereja dan tenor 11 tahun dengan cicilan Selama 11 tahun sebesar Rp 299 juta, banyak Jemaat merasa keberatan dengan biaya yang terlalu besar, bagaimana kita akan membayarnya, jadi ada beberapa orang tua kita berbicara dengan Pendeta Gideon Saragih beliau itu Pendeta HKBP Resort Cibinong boleh dibilang Pimpinan Jemaat disini, “katanya saat Preskon, Minggu (16/8/2020).


Ia melanjutkan mendengarkan aspirasi dari Jemaat Pendeta Saragih mencari hitungan pembanding dan diperoleh hitungan pembanding, yang pertama menghasilkan budget Rp 12,3 miliar, hitungan kedua sebesar Rp 13,6 Miliar, hitungan pembanding ke tiga sebesar Rp. 14, sekian, jadi jauh dibawah dari hitungan yang sebesar Rp 20,8 Miliar, yang empat alternatif hitungan dengan gambar yang sama dan spek yang sama, di Gereja kita keputusan mutlak ada melalui Rapat Jemaat para HKBP dalam Rapat, dimana semua Jemaat diundang seperti rapat MPR lah menentukan masa depan gereja.,”katanya.

Dari hasil rapat tersebut disambut baik bapak Rudy Aruan dan disambut baik dan Jemaat memutuskan untuk memilih yang Rp 12,3 miliar, dan Ketua Panitia menyatakan kalau keputusan Jemaat seperti itu disambut baik untuk membubarkan kepanitiaan, dan Jemaat memutuskan Untuk pelaksanaannya kita Swa kelola, untuk pendanaan ya kita swadana. Berapa dana yang ada kita membangun dan kita tidak mau meninggalkan hutang, “jelasnya.

Dari rapat Huriakita membangun, mulai dari turap dan jembatan, pembangunan dimulai dan mulailah ada gangguan dari para oknum ya gak tadinya merancang skema panitia pembangunan dengan sebanyak ada 37 orang yang berusaha mengganggu merintangi bahkan mungkin membatalkan pembangunan, masalah pembangunan internal gereja dimuat di media online yang beritanya tidak benar kan mereka juga Jemaat Gereja juga, diadakan ke pengawas pembangunan petugas Pemda dan ternyata tidak ada apa-apa dan kita mengikuti aturan Pemda lah, dan mereka beralih ke pemimpinan bapak Gideon Saragih yang akhirnya mengeluarkan Pendeta Gideon Saragih dari SK Mutasi dari Ephorus HKBP dan kita liat ada cacat birokrasi diaturan-aturan HKBP untuk mutasi pendeta Resort peraturannya. 

Melalui Rapat pimpinan, Ephorus, Sekjen dan tiga Kepala Departemen, tetapi SK bapak Saragih hanya dari Ephorus tapi belum masalah, dan surat Ephorus tentang bapak Saragih belum didapat jemaat dan ini aneh juga, dan Jemaat membujuk Ephorus untuk menunda mutasi Pendeta Saragih.

Kami Butuh sosok pendeta Saragih yang peduli kepada kami dan membangun gereja ini, dan ditandatangani oleh 1600 Jemaat, “katanya.

Masa bakti pendeta Saragih masih lama antara lima sampai 6 Tahun dan mayoritas Jemaat menyukai kepemimpinan bapak Saragih, dan masalah Jemaat ini adalah menyelesaikan pembangunan gereja dan kita gereja ini sudah tidak layak dengan jumlah Jemaat 1600 kapasitas gereja hanya 400 jemaat, maka ada inisiatif membangun gereja dengan kapasitas hingga 1000 orang dan itukan masih kurang, dan Jemaat bersikukuh kalau tidak ada pendeta Saragih disini akan repot nantinya., dan kita ada PILU (Pinjaman Lunak). 

Gereja meminjam uang jemaat ya sendiri dipakai untuk membangun gereja dan akan dikembalikan selama tiga tahun kemudian tanpa bunga, dan kita berkomitmen untuk membina para remaja dan kita tau pendeta Saragih menerapkan transparansi dan semua Jemaat diundang, kita harapkan pendeta Saragih sampai pensiun, dan SK Ephorus mengeluarkan SK buat Pendeta Tiapul Hutahaean menjadi Pendeta Resort Cibinong, dan ini melukai para Jemaat dan kami belum bisa menerima kedatangan Inang Pendeta Hutahaean karena pembangunan belum selesai, dan bagi kami yang diminta Jemaat di Gereja Resort Cibinong ya Pendeta Saragih dan kami menolak Pendeta-pendeta yang lain,, “pungkasnya.

Sementara itu Pengacara Gereja Aloksen Manik menegaskan bahwa pada tanggal 9 Agustus 2020 lalu ada kesepakatan bersama antara ke dua belah pihak yang disaksikan Kapolres Bogor. Ada 4 butir kesepakatan Bersama dan kesepakatan bersama ini harus diputuskan pada Rapat Majelis Gereja HKBP Cibinong, karena mekanisme yang berlaku di HKBP adalah semua keputusan itu baru berlaku kalau sudah diputuskan dalam rapat Majelis.

 Dari hasil Rapat Majelis Gereja HKBP Cibinong ada 12 Keputusan dan sudah dilaporkan ke Kapolres, yang kita harapkan keputusan rapat majelis dapat diterima. Tetapi ternyata 12 butir keputusan Majelis tersebut hingga kini belum dipenuhi. Sehingga jemaat dan Majelis yang jumlahnya sekitar 1500 KK menolak pelantikan Pendeta Tiapul Hutahaean. Di sisi lain, secara kaidah gereja seharusnya pelantikan Pendeta Ressort dilaksanakan dalam tata ibadah di dalam ruang gereja karena gereja dianggap ruang suci. Selain itu SK Mutasi Pendeta Saragih pun sedang digugat di Pengadilan Negeri Tarutung, karena SK Mutasi tersebut mengandung cacat hukum, cacat formal dan materil. Sebab Pendeta Saragih belum ada 6 Tahun melayani di HKBP Cibinong, dan formilnya SK tersebut seharusnya tidak diputuskan sendiri oleh Ephorus, melainkan melalui Rapat Pimpinan seperti tertulis dalam Aturan-Peraturan yang berlaku di HKBP. Kami berharap agar semua pihak menghormati semua proses hukum yang sedang berjalan”, tutupnya.
(LEX)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre