Breaking News

Pemkab Mentawai Terima Tenaga Kesehatan Program Nusantara Sehat Periode IV Tahun 2020

Foto: Kepala Dinas Kesehatan (Tengah) bersama Tim Tenaga Kesehatan Nusantara Sehata Periode IV

MENTAWAI. FN- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai terima Tenaga Kesehatan program Nusantara Sehat Periode Kementrian Kesehatan RI periode IV tahun 2020. Ada sebanyak 9 orang tenaga kesehatan itu nantinya ditugaskan di 10 Kecamatan di Mentawai.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar bahwa Tenaga Kesehatan tersebut merupakan program nusantara sehat kementrian Kesehatan RI untuk daerah 3T di seluruh Indonesia. Salah satunya, Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam memenuhi kebutuhan di masing-masing daerah. 

"Tahun ini kita mendapatkan penugasan tenaga kesehatan program nusantara sehat individu periode ke IV di 6 puskesmas sebanyak 11 orang. Namun 2 orang lagi mengundurkan diri," ujar Lahmuddin kepada Wartawan di ruangannya. Kamis, (06/08/2020).

Ia menambahkan, Sembilan orang tenaga kesehatan itu ditugaskan di 6 Puskesmas di Mentawai yakni, Puskesmas Mapaddegat, Kecamatan Sipora utara, Puskesmas Bosua dan Kecamatan Sipora Selatan.

Selanjutnya, Pukesmas Malakopak, Kecamatan Pagai Selatan, Puskesmas Bulasat, Kecamatan Pagai Selatan, Puskesmas Saibi, Kecamatan Siberut Tengah dan Puskesmas Peipei, Kecamatan Siberut Barat Daya.

Kesembilan tenaga kesehatan program nusantara sehat itu terbagi 3 bidang yakni, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Analisis Kesehatan dan Tenaga Gizi.

Lahmuddin mengucapakan terima kasih kepada kementrian Kesehatan RI atas perhatiannya terhadap kekurangan tenaga kesehatan di Mentawai. Semoga dengan keberadaan mereka dapat berkontribusi dalam pelayanan primer di seluruh Puskesmas di kecamatan kabupaten kepulauan Mentawai.

Meski demikian Lahmuddin tetap berharap adanya penambahan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat lain. Pasalnya, sebagian Tenaga kesehatan sebelumnya telah habis kontrak.

"Tenaga kesehatan ini sebagai program pemersatu bangsa. Dimana petugas terbagi dari beberapa asal yang berbeda," imbuhnya.

Kesembilan tenaga kesehatan itu berasal dari 4 daerah yaitu dari Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ditambah dengan asal perguruan tinggi berbeda.

"Disini mereka tidak sekedar memperoleh wawasan kesehatan saja namun juga memperoleh wawasan kebangsaan," kata Lahmuddin Siregar. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre