Breaking News

Mario Rosy : Ketua IWAPES Pessel " Pilkada Badunsanak dan Kekeluargaan"

Pesisir Selatan,Figurnews.com

Perbedaan pilihan tidak jarang membuat orang tidak tegur sapah, hanya gara - gara beda pilihan. Perbedaan pada hakikatnya bagian dari demokrasi, karena setiap warna negara.

Seperti diatur Pasal 27 Ayat (1) menyatakan bahwa " Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecuali nya, " Pasal ini juga memperhatikan kepada kita adanya kepedulian adanya hak asasi dalam bidang hukum dan politik.

Ketua Ikatan Wartawan Pesisir Selatan ( IWAPES), Mario Rosy, SH menuturkan, menjelang pilkada bupati dan wakil bupati, Kabupaten Pesisir Selatan jangan sampai terjadi hal - hal yang menimbulkan gejolak, suasana panas yang dapat merusak tatanan yang sudah baik selama ini, seperti kerukunan dan kekeluargaan. Walaupun berbeda pilihan.

Sebagai mana diketahui bersama, Pilkada badunsanak adalah Pemilu yang mengutamakan rasa kekeluargaan agar berjalan dengan baik tanpa adanya konflik, "katanya saat dihubungi media. Sabtu (29/8).

" Pilkada badunsanak harus benar - benar bisa implementasikan di tengah masyarakat, dan jangan hanya sekedar slogan semata," ajak Mario, juga angota Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI), Kabupaten Pesisir Selatan.

Dikatakan Mario, Pilkada " badunsanak "  pada para bakal calon bupati dan wakil bupati ikut dalam Pilakada, agar ikut bersama - sama menciptakan Pilkada badunsanak, dan tidak menjurus pada kampanye hitam dan praktik curang lain seperti politik uang,  bahkan saling menyudutkan calon tertentu.

Kesuksesan Pilkada bukan hanya ada di tangan penyelenggara Pilkada, yaitu KPU, Bawaslu, Kepolisian, TNI, Pemerintah setempat, tokoh masyarakat, masyarakat, pemuda. Tapi ikut andil dari calon itu sendiri.

" Ayo kita berikan pembelajaran dan pemahaman politik pada masyarakat yang benar, bersih dan profesional. Jangan berikan pemahaman politik hitam, yang bisa merusak Pilkada badunsanak dan kekeluargaan," harap dirinya.

Selain itu ia Mario juga memitak warga Kabupaten Pesisir Selatan nantinya bisa datang ke TPS, untuk menggunakan hak pilihan nya saat Pilkada 2020 atau tidak golongan putih ( golput).

Menurutnya satu suara masyarakat Pessel ikut menentukan masa depan Pesisir Selatan, oleh sebab itu ia menghimbau masyarakat yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT) nantinya, agar bisa menggunakan hak suaranya.

Pililah calon sesuai dengan hati nurani, dan tanpa paksaan." Setiap pesta demokrasi, pasti ada perbedaan, dan perbedaan itu bagian dari demokrasi, karena pilihan kita juga mempengaruhi kualitas pilkada," akhirnya. (R)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre