Breaking News

Ketua LKAAM Solok Minta Niniek Mamak Perkuat KAN

Arosuka,Figurnews.com

Niniek mamak harus bisa mengikuti zaman dan memperkuat diri di Kerapatan Adat Nagari (KAN) dengan cara menguasai ilmu tentang adat itu sendiri,  baik adat nan sabatang panjang maupun adat salingka nagari serta peraturan perundang undangan tentang adat.

Hal itu dikatakan Ketua Umum LKAAM Kabupaten Solok, H. Gusmal SE MM Dt Rajo Lelo dalam kegiatan sosialisasi dan singkronisasi kegiatan LKAAM Kabupaten Solok dengan LKAAM kecamatan dan KAAN Kabupaten Solok, di rumah dinas Bupati Solok , Arosuka.

“Kita harus memperkuat diri di kerapatan adat nagari. Semua pengurus pamangku kepentingan harus menguasai/memahami ilmu tentang adat itu sendiri baik adat nan sabatang panjang maupun adat salingka nagari serta peraturan perundang undangan tentang adat,”ujar Gusmal.

Diungkapkannya, sering terjadi permasalahan antara kerapatan adat nagari dengan pemerintah nagari, karena itu saya berharap pemerintah nagari dan kerapatan adat nagari ini saling bersinergi.

Saya ingin mengingatkan, Sekarang kita berada pada zaman modernisasi. Bagaimana sekarang kita para pemangku adat  bisa mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan nya dalam hal yang positif.

Organisasi yang kaku tidak bisa menyelesaikan masalah yang timbul di tengah Masyarakat khususnya terkait permasalahan tentang Adat

Untuk itu marilah kita berdiskusi dan berdialog dalam rangka mencari solusi dari berbagai permasalahan yang terjadi di nagari dan menghasilkan solusi dan aturan yang akan kita bawa ke pemerintahan.

Sementara itu, ketua pelaksana, Reflidon mengatakan, Persoalan adat dengan pemerintah dan pemerintah nagari sering berbenturan, dengan adanya kegiatan sosialisasi dan singkronisasi ini, persoalan yang ada di nagari dapat kita selesaikan

“Kita harus memahami posisi walinagari dan posisi niniak mamak, sehingga tidak terjadi permasalahan antara kerapatan adat nagari dengan pemerintah nagari,”ujar Reflidon. (ayu)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre