Breaking News

Insiden Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Mentawai, Kakansar Angkat Bicara

Foto: Kakansar Mentawai, Akmal salah satu saksi dalam insiden Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Mentawai

MENTAWAI. FN- Dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun beberapa waktu lalu, Kepala Kantor Search And Rescue Mentawai angkat bicara terkait insiden digantikannya Bupati sebagai inspektur diakhir upacara HUT RI ke 75.

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 kali ini bertepatan seiring Pandemi Covid-19 di Indonesia. Senin, 17 Agustus 2020 menjadi hari perjuangan sosok Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet sebagai inspektur upacara pada saat itu kondisi yang terlihat kurang sehat .

"Waktu itu saya melihat kondisi beliau memang kurang sehat namun beliau tetap semangat, saya melihat ini luar biasa," ungkap Akmal, Kakansar Mentawai itu di ruang kerjannya. Rabu, (26/08/2020).

Dikatakannya, saat itu dia menilai bukan dari latar blakangnya seorang Kakansar. Tetapi dia melihat dari dirinya sebagai manusia biasa. Kenapa tidak, diusia beliau yang sudah jauh tua darinya. Itu menjadi sebuah kekaguman tersendiri bagi dia.

Kegaguman itu timbul saat Akmal melihat secara langsung kronologis insiden dialami Bupati tersebut. "Saya melihat dia bukan hanya seorang bupati saja, tetapi saya melihat sebagai seorang pimpinan dan orang tua di mentawai ini, dengan kondisi beliau pada hari kemerdekaan itu, saya melihat jiwa kepateriotan beliau," ujar akmal saat matanya mulai basah.

Jiwa kepatriotan ini lanjut Akmal perlu dia contoh sebagai instansi vertikal dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN) karena melihat insiden dramatis dan mengharukan ini. "Ini menjadi contoh bagi kita semua bahwa seletih apapun kita tetapi tetap semangat melaksanakan tugas dan kewajiban," tambah Akmal.

Menurut Akmal insiden hampir jatuhnya Bupati itu ketika akhir-akhir upacara. Waktu itu posisi bupati tidak jauh dari ajudan dan Perwira Upacara Kepolisian, Kabag Ops mereka langsung mengambil inisiatif serta Akmal dalam keadaan berdiri tapi jauh dari Bupati.

Selanjutnya, Pimpinan upacara langsung diambil alih oleh Wakil Bupati Mentawai, Kortanius Sabeleake dan upacara tetap berjalan. Kemudian Bupati ditangani oleh Tim Medis bersama rombongan. 

Sebelum Bupati diberangkatkan ke Kota Padang Akmal dan Forkopimda lain tetap mengawal Bupati. "Ketika menuju ke kapal mentawai fast saya dapat kesempatan mengangkat tandu beliau karena itu butuh cara evakuasi sesui ketentuan hingga sampai di dalam kapal," terangnya. 

Hikmah yang dapat diambil dari insiden ini adalah jiwa ke Patriotan seorang Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet. 

Diakui Akmal ini adalah realita dilihat langsung di hari Kemerdekaan RI ke 75 tahun di Mentawai. "Kami sangat apresiasi atas perjuangan beliau karena tetap semangat di hari kemerdekaan seperti apapun kondisinya, ini adalah sosok yang mesti kita tiru," paparnya. 

Kakansar Mentawai itu menyampaikan keluarga besar Basarnas di Mentawai mendoakan agar Bupati Mentawai cepat pulih dan kembali sehat dan dapat beraktifitas seperti biasa. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre