Breaking News

Gubernur Jakarta Anies Baswedan Melakukan Peletakan Batu Pertama Untuk Pembangunan Rumah Susun Di Kampung Aquarium.





 Jakarta - Figurnews.com

 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara yang pernah digusur di era Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok, Senin (17/8/2020).

Anies akan didampingi Ketua DPRD DKI Jakarta Presetyo Edi Marsudi dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko dalam peresmian pembangunan Kampung Akuarium.

“Iya peresmian dilakukan hari ini,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Sarjoko kepada wartawan.

Sarjoko mengatakan dalam penataan kawasan Kampung Akuarium, Pemprov DKI bakal berkolaborasi dengan warga setempat dan sejumlah elemen masyarakat seperti Jaringan Masyarakat Miskin Kota dan RUJAK Centre for Urban Studies yang mengadvokasi warga setempat.

"Peningkatan kualitas permukiman merupakan program prioritas Pemprov DKI Jakarta dalam upaya menciptakan lingkungan hunian yang tertata, layak, dan manusiawi. Penyusunan rencana aksi penataan kawasan berbasis masyarakat, dalam hal ini masyarakat didorong untuk bisa ikut berperan aktif serta kolaboratif," ujarnya.



Dalam penataannya, kampung pinggir pantai ini bakal dibangun berbagai fasilitas. Salah satunya adalah pembangunan hunian permanen tipe 36, masing-masing terdiri dari dua kamar sebanyak 240 unit. Ratusan hunian itu bakal dibagi dalam lima blok. Serta ruang terbuka hijau yang akan berdiri di atas 40 persen luas lahan secara keseluruhan.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah menyebut penataan kawasan ini menggunakan pendekatan Community Action Plan (CAP).

Adapun pembangunan kawasan ini telah diamanatkan dalam Kepgub Nomor 878 Tahun 2018 tentang Gugus Tugas Pelaksanaan Penataan Kampung dan Masyarakat, ditetapkan 21 kampung prioritas. Kampung Akuarium salah satunya.

“Kegiatan CAP-nya telah dilaksanakan pada Tahun ha ha Anggaran 2018. Perencanaan penataan Kampung Akuarium ini melibatkan peran aktif warga Kampung Akuarium beserta komunitas," pungkasnya. (DP)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre