Breaking News

Dandim 1207/BS, Kolonel Inf Jajang Kurniawan.Sosialisaikan Bios-44 Pemadaman Karhutlabun Dijajaran Kodim

Pontianak,Figurnews-Komando Distrik Militer 1207/Berdiri Sendiri (Kodim 1207/BS) melaksanakan Sosialisasi Penggunaan Bios-44 dan Pemadaman Kebakaran Hutan, Lahan dan Kebun (Karhutlabun) dengan Menggunakan Nusantara Foam di wilayah Kodim 1207/BS kepada para Komandan Kamando Rayon Militer (Danramil) Se Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya serta para Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil se Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya di salah satu lokasi lahan di Koramil 1207-02 Pontianak Selatan, Minggu (30/8).

Kegiatan Sosialisasi Bios-44 Pemadaman Karhutlabun Bagi Danramil dan Babinsa ini diaampaikan langsung oleh Dandim 1207/BS, Kolonel Inf Jajang Kurniawan.

Dandim 1207/BS, Kolonel Inf Jajang Kurniawan memberikan informasi mengenai manfaat Bios 44 hasil inovasi TNI, Korem 044/Gapo.

“Bios-44 ini merupakan gabungan mikroorganisme yang ramah lingkungan. Bila ditebarkan dilahan gambut dapat mencegah Karhutlabun dan jika ditebarkan di lahan pertanian atau perikanan akan menjadi lebih produktif karena terjaga ekosistemnya serta bila ditebarkan di lahan bekas tambang yang tandus, lahan tersebut akan menjadi produktif,” kata Kolonel Inf Jajang Kurniawan kepada para Danramil dan Babinsa.

Dikatakannya, Bios-44 untuk membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan dibidang pertanian, perikanan, perkebunan maupun lahan tandus.

“Ini merupakan salah satu wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial TNI AD dan sebagai implementasi dari jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang dan tentara profesional yang selalu manunggal dengan rakyat,” jelasnya.

BIOS 44 ini adalah pupuk cair yang dapat mengembalikan kesuburan tanah, karena pupuk ini mengandung mikro organisme yang dapat mengembalikan unsur hara tanah.

Pengembalian unsur hara tanah menggunakan mikroorganisme dapat meningkatkan volume hasil panen sehingga dampaknya dapat menambah pendapatan petani.

Karena, Babinsa adalah ujung tombaknya satuan komando kewilayahan dilapangan, maka Sosialisasi yang dilaksanakan oleh Kodim 1207/BS diharapkan dapat diterima positif bagi Babinsa di wilayah Kodim 1207/BS.

Untuk menanggulangi terjadinya Karhutlabun dibutuhkan upaya-upaya preventif, tanggap darurat, pasca bencana, rekayasa teknologi pengendalian air limbah, serta  pengendalian api.

Salah satu upaya preventif yang dilakukan untuk mencegah kebakaran dengan produk rekayasa teknologi yang terbukti efektif, yakni BIOS 44.

BIOS 44 adalah cairan yang diolah sedemikian rupa dan berfungsi sebagai agen hayati, dekomposer lahan gambut, asupan gizi peternakan dan perikanan, mengembalikan kesuburan lahan pertanian dan perkebunan

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre