Breaking News

Tiga Titik SDA Berbasis Kearifan Lokal Bidang Pertanian di Mentawai

Foto: Kepala DKPP Mentawai, Hatisama Hura

MENTAWAI. FN- Dalam pemetaan Partisipatif ruang kelola Masyarakat di kabupaten kepulauan Mentawai, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Mentawai memetakan tiga titik Sumber Daya Alam (SDA) berbasis kerifan lokal di bidang pertanian.

SDA memiliki hubungan tak terlepas dari pengelolaan dari SDA menjadi hal yang perlu terus di kembangkan. 

Menurut Kepala DKPP Mentawai, Hatisama Hura bahwa ada titik lokasi potensi SDA berbasis kearifan lokal atau kebutuhan pokok di Mentawai sejak dahulu yakni, Sagu di Pulau Siberut, Keladi di Pulau Sipora dan Pisang di Pulau Pagai.

“Kita petakan SDA sesui potensi kita yang ada di Mentawai. Potensi SDA dari dulu dikembangkan oleh Masyarakat kita Mentawai adalah sagu, keladi dan pisang,” ungkapnya kepada Wartawan. Rabu, (01/07/2020).

Hatisama Hura mengatakan terdapat 860 hektar area tanaman sagu tersebar 5 kecamatan di pulau Siberut. Rinciannya 128 batang per 1 hektar dengan jarak 9 meter perbatang. Sagu dapat diproduksi 400 ton selama 1 kali per 3 bulan seperti milik Masyarakat di kecamatan Siberut barat daya.

Seterusnya, Pisang di Pagai dapat menghasilkan 120 ton per bulan. “Masyarakat kita di Sikakap sudah ada tengkulak yang langsung membeli ke masyarakat kita,” ujarnya. 

“Kalau tidak ada masa pandemi covid-19 ini, tahun ini direncanakan ada bantuan pengelolaan pisang Kemendes di bulasat dengan luas tanah 2 hektar. Dan ada seluas 60 hektar tanah tanaman pisang tertata dengan baik disana,” lanjutnya.

Kemudian tanaman keladi dikatakannya hampir terdapat di seluruh kepulauan Mentawai. Namun potensi penghasil terbanyak terdapat di pulau Sipora.

Selain itu pihaknya di masa Pandemi Covid-19 ini mendorong Masyarakat agar memiliki tanaman Holtikultural di  tanaman di perkarangan rumah seperti Sayur-sayuran. Salah satunya, Masyarakat Kecamatan Sipora utara dapat memanfaatkan tanaman tersebut menjadi penambah pendapatan. 

Masyarakat di kecamatan Sipora utara sebenarnya dapat memanfaatkan kesempatan ini. Pasalnya, rata-rata Masyarakat di sini banyak berasal dari luar yang tidak ada waktu dan tempat untuk becocok tanam, tutupnya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre