Breaking News

Subdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Sumbar Berhasil Mengungkap Tambang Ilegal di Kabuapten Dhamasraya

Alat berat Excavator

Dhamasraya(Sumbar),Figurnews.com 

Kasubdit IV Tipidter AKBP David Tampubolon, S.ik dan anggota Ditreskrimsus Polda Sumbar berhasil mengungkap Tambang Ilegal di Kabuapten Dhamasraya, Kamis 2 Juli 2020 sekitar pukul 18.00 Wib.

Dalam pengungkapan tersebut, Tim Krimsus berhasil melakukan penangkapan yang berlokasi bertempat di dekat aliran sungai Batang Hari di Jorong Koto Beringin Kenagarian Koto Beringin Kec. Tiumang Kab. Dharmasraya. Polda Sumbar melakukan gakkum terhadap giat penambangan pasir dan batu dengan menggunakan 1 unit alat berat jenis Excavator merk Hitachi warna orange serta penambangan emas dengan menggunakan mesin dompeng.

                         Mesin Dompeng 
Kegiatan penambangan pasir dan batu serta penambangan emas tsb dilakukan oleh pelaku utama/penanggung jawab Wali Nagari Koto Beringin a.n. S, 34 th, Minang (Chaniago), Wali Nagari Tiumang, Koto Beringin Kec. Tiumang Kab. Dharmasraya.

 Para pekerja yang dipekerjakan oleh Wali Nagari nama S dlm melakukan giat tambang pasir dan batu serta tambang emas diantaranya, Pekerja penambang pasir dan batu a.n. T A Pgl A, 33 th, Jawa, operator alat berat, Jorong Durian Api Nagari Durian Seribu Kec. Silaut Kab. Pessel.

Di samping itu para pekerja penambangan emas dengan menggunakan mesin dompeng adalah, M, 40 th, Melayu, Tani, Tiumang Dharmsaraya, ; M, 43 th, Piliang, Tani, Baturijal Dharmasraya; R W , 25 th, melayu, ex pelajar, Tiumang Dharmasraya;  HHP, 34 th, melayu, Tani, Tiumang Dharmasraya; M.T, 40 th, Melayu, Tani, Sialang Gaung Dharmasraya.

Sementara itu, Barang Bukti yang disita adalah, 1 unit alat berat jenis Excavator merk Hitachi 210 MF warna orange; 1 unit mesin robin; 1 slang air; 1 alat dulang; 1 lembar karpet; 2 bh baterai/accu; 2 buah baskom; dan 1 buah botol plastik yang berisi hasil kegiatan penambangan yang di duga emas urai yang masih bercampur air raksa.

Tindakan yg tlh dilakukan penganmankan dan mintai keterangan pekerja/saksi-saksi;  Amankan dan mintai keterangan pelaku (Wali Nagari a.n. S); Amankan dan sita Barang Bukti.

Untuk tindaklanjutnya pihak penyidik akan medalami serta meminta keterangan saksi-saksi dan pelaku; dan berkoordinasi dengan ahli pertambangan; dan juga membuat Laporan Hasil Pelaksanaan Tugas; termasuk Gelar Perkara awal; serta Sidik perkara sampai tuntas. (A)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre