Breaking News

Pengelola Koperasi Harus Transparan

Arosuka,Figurnews.com

Pengelolaan koperasi yang transparan dan akuntabel menjadi syarat mutlak bagi keberlangsungan dan perkembangan koperasi. Hal itu diungkapkan Bupati Solok, Gusmal SE MM saat membuka pelatihan penguatan kelembagaan koperasi bagi pengurus koperasi di Kabupaten Solok tahun 2020 gelombang II di Emersia Hotel Batusangkar, Minggu (26/7).

“Untuk membentuk koperasi yang baik, maka seluruh pembukuan harus jelas dan transparan,”ujar  Gusmal.

Dikatakannya, koperasi tidak akan bangkrut ketika pengurus mengelolanya dengan baik, transparan dan akuntabel. Lantaran itu, pengurus harus tetap mengelola aset yang dimiliki dengan baik agar kepercayaan anggota meningkat.

Salah satu tujuan dari dibentuknya koperasi ialah untuk mensejahterakan anggota koperasi serta mencari laba / benevit untuk organisasi koperasi itu sendiri. Dengan adanya koperasi di lingkungan masyarakan, maka secara tidak langsung akan membantu perekonomian anggota maupun masyarakat

“Gunakan koperasi sebagai wadah untuk membangun sebuah usaha yang berkelanjutan, karena koperasi yang aktif juga akan menunjang perekonomian suatu daerah. Saya berharap agar seluruh koperasi yang ada di Kabupaten Solok dapat terus aktif dari masa ke masa. anggota koperasi jangan hanya menjadi pribadi yang konsumtif, melainkan juga menjadi pribadi yang produktif,”kata Gusmal.

Ditambahkannya, seorang yang memiliki usaha harus memiliki sikap berani, terampil serta pemahaman dan wawasan yang cukup agar usaha yang digeluti dapat berjalan dengan baik kedepannya.Pemerintah daerah melalui dinas koperindag akan selalu memberikan binaan koperasi beserta pengurusnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Solok, Eva Nasri mengatakan, kegiatan pelatihan gelombang kedua ini diikuti oleh 40 orang pengurus / pengelola koperasi yang ada di Kabupaten Solok dan akan dilaksanakan sela 3 hari kedepan.

Peserta pelatihan bukan hanya pengurus / pengelola koperasi yang sudah ada sejak lama, tetapi juga untuk koperasi yang baru merintis hingga kpperasi yang sudah berprestasi. Tujuan kegiatan ini ialah untuk meningkatkan pemahaman dan keprofesionalan pengurus koperasi dalam mengelola koperasi demi meningkatkan kesejahteraan anggota. (ayu)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre