Breaking News

Masa Adaptasi Normal Baru Produktif Aman Covid-19

Foto: Konfrensi Pers Jubir Covid-19

MENTAWAI. FN- Penangan pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau Corona Virus terus dilakukan sesui dari keputusan Pemerintah Pusat secara nasional ditetapkan. Maka melalui Pemerintah Daerah Kabupaten kepulauan Mentawai tetap menunggu pencabutan status darurat bencana melalui suarat edaran gugus tugas nasional kepada pemerintah daerah tingkat provinsi dan kabupaten. 

“Jadi mesi kita sudah keluar dari masa PSBB dan masuk dalam tatatnan normal baru produktif aman Covid-19. Artinya beberapa aktifitas telah kita buka kembali namun disertai dengan peraturan bupati nomor 30 tahun 2020 atau persyaratan memenuhi protokol kesehatan,” ungkap Juru bicara Penanganan Kebijakan Covid-19 kepada Wartawan saat konfrensi Pers di aula Sekretariat daerah Mentawai. Selasa, (07/07/2020).

Diakuinya saat ini tingkat kesadaran masyarakat masih rendah maka sosialisasi terus ditingkatkan untuk menghimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan di masa adaptasi new normal ini.

Menurutnya, terkait pelaku perjalanan dalam Peraturan Bupati nomor 30 Tahun 2020 bahwa, masyarakat masuk ke Kepulauan Mentawai wajib membawa surat bebas Covid-19 dibuktikan dengan hasil Swab PCR negatif dan pemeriksaan rapid test non reaktif.

Kemudian saat ini, dikatakan Serieli BW bahwa Pemkab Mentawai telah mengeluarkan surat edaran Bupati 360/351/BUP-2020 tentang kriteria dan persyaratan perjalanan orang dalam masa adaptasi normal baru produktif aman Covid-19 di kepulauan Mentawai. 

“Persoalan kita sekarang adalah belum adanya fasilitas menyediakan rapid test secara berbayar. Sementara rapid tes yang kita miliki tidak digunakan untuk kepentingan pribadi atau bagi pelaku perjalanan,” terangnya. 

Sehingga layanan rapid tes di kepulauan Mentawai menjadi tidak ada bagi pelaku perjalanan. Hanya saja pihaknya mengeluarkan surat bebas gejala. Namun melalui surat edaran mentri kesehatan nomor 382 tahun 2020 tentang protokol pengawasan pelaku perjalanan dalam negeri di bandara dan pelabuhan dalam rangka penerapan kehidupan masyarakat produktif dan aman Covid-19.

Maka pada surat tersebut, dikatakannya surat bebas gejala tidak berlaku lagi. Hanya ada dua surat dapat berlaku yakni, hasil swab pcr negatif dan rapid tes non reaktif. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre