Breaking News

Dinding Mushola Rusak Akibat Abrasi Pantai Sasak

Pasaman Barat, Figurnews.com 

Permukiman warga di Jorong Pondok Sasak Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, terancam abrasi air laut. Sebab tidak adanya tanggul pemecah ombak  di garis pantai barat itu.

Akibat abrasi dan diterjang ombak, Dinding bangunan Musholla Nurul Ikhlas Karambia Ampek, Jorong Pondok Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) hancur hingga tak bisa digunakan.

Informasi yang dihimpun pada Kamis (24/7), ombak besar itu datang saat air pasang pada Rabu (23/7) sekira pukul 08.00 WIB pagi kemaren.

"Akibat abrasi dan terjangan ombak, Musalla ini tidak bisa kita manfaatkan lagi untuk shalat berjamaah," sebut Arniati (47) salah seorang penduduk setempat.

Musalla itu tiap waktu salat selalu digunakan untuk salat berjamaah. Karena tempat ibadah yang dekat hanya satu-satunya disekitar tempat tinggal nya.

"Musalla ini setiap waktu kita gunakan dan azan selalu berkumandang di musalla ini. Namun sejak hancur tidak bisa terdengar lagi kumandang azan,".

"Kita kuatir untuk menggunakan karena kondisi nya sudah terlebah. Saat ini kita tidak bisa salat berjamaah lagi dan kegiatan didikan subuh di musalla ini, sementara lokasi masjid jauh," paparnya.

Ia menerangkan, sebelumnya musalla ini sudah beberapa kali diterjang ombak dan masih bisa digunakan. Bahkan kata dia, pihak pemerintah sudah pernah datang untuk melihat kondisi musholla tersebut.

"Hanya sekedar melihat dan kita sudah meminta untuk dilakukan pembuatan tanggul penahan abrasi dari gelombang air laut. Namun sampai musalla ini hancur tidak pernah direspon oleh pihak pemerintah," sesalnya.

Ia menjelaskan musalla itu dibangun pada tahun 2016 dari dana pribadi salah seorang hamba Allah, kemudian diserahkan kepada masyarakat setempat.

Saat ini lanjut Arniati, masyarakat setempat hidup dalam keadaan was-was karena gelombang pasang naik dikhawatirkan menerjang pemukimam warga.

"Jarak bibir pantai dari rumah kami hanya sekitar 10 meter. Kami khawatir, akan berdampak terhadap tempat tinggal kami," ungkapnya.

Warga setempat berharap agar pemerintah membangunkan tanggul penahan dan juga membangunkan musalla, sehingga mereka bisa kembali menjalankan aktivitas ibadahnya.

(Dodi Ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre