Breaking News

Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM, Hadiri Kegiatan Upacara Ngaben di TPU Bunga PHDI

Banggai(Sulteng),Figurnews.com

Bupati Banggai, Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM, menghadiri kegiatan Upacara Ngaben di TPU Bunga PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) bersama Ketua Hindu Dharma Kabupaten Banggai, Senin 27 Juli 2020.

Turut hadir pada kesempatan ini Aleg Fraksi PDIP Putu Gumi Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman, dan Pertanahan Ir. Hj. Maryam Salat, MM, Kadis Peternakan dan Keswan Ir. Ferlin Monggesang, M.Si, Kadis Pendidikan Hj. Nurdjalal, SH, Kadis P3aP2KB dr. Wayan, Ketua Persatuan Hindu Dharma I Nyoman Sumerta,  Ketua Wanita Hindu Dharma, Ketua Bandesa Adat Kota Luwuk I Nyoman Ardika, Pemangku I Nyoman Sudarna dan I ketut Subrata, Kabag-kabag di lingkungan Setda Kab. Banggai, Tokoh Agama, Pemangku, Ketua2 Adat,  serta masyarakat Hindu di TPU Bunga Kec. Luwuk Utara.

Ngaben adalah sebuah pembakaran jasad yang dilakukan oleh Ummat Hindu, upacara ini dimaksudkan untuk menyucikan Roh anggota keluarga yang sudah meninggal yang akan menuju ke tempat peristirahatan terakhir.

Pada kegiatan tersebut Ketua Hindu Dharma Kab. Banggai  Bapak I Nyoman Sumerta mewakili masyarakat Hindu Dalam Sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Bapak Bupati Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM, karna telah mendukung kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PHDI Kab. Banggai baik itu segala kegiatan yang berhubungan dengan keagamaan.

Ketua PHDI menyampaikan Upacara ngaben memiliki 3 tujuan utama. Tujuan yang pertama adalah sebagai bentuk pelepasan roh atau Sang Atma dari belenggu duniawi. Pada tahap selanjutnya, pelepasan ini menjadi sarana untuk mempermudah roh untuk bersatu dengan Tuhan (Mokshatam Atmanam). Tujuan berikutnya, adalah dengan mengembalikan segala unsur Panca Maha Bhuta yaitu 5 unsur utama yang membangun badan kasar manusia. 5 unsur itu adalah unsur padat seperti tulang, daging, kuku, apah yang merupakan unsur cair, bayu atau unsur udara, teja, unsur panas, serta akasa yang merupakan unsur ether yang keberadaannya memunculkan rongga pada tubuh manusia.

Selanjutnya Masyarakat dengan pemeluk Agama Hindu sejumlah 31 ribu jiwa di Kab. Banggai, melakukan acara ngaben ini   sebanyak 4 keluarga di Kab. Banggai.  4 keluarga tersebut yaitu 2 dari Kec. Luwuk, 1 Dari kec. Toili, dan 1 dari keluarga dari kec. Simpang Raya.

Setelah Sambutan Ketua PHDI di lanjutkan oleh Sambutan Bupati, pada kesempatan itu Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM, dalam sambutannya beliau menyambut baik dan mengapresiasi atas semangat masyarakat Umat Hindu dalam melaksanakan Ngaben yang telah menjadi tradisi yang sangat sakral yang memuat nilai-nilai religi yang sangat bermakna bagi kehidupan, termasuk nilai keagamaan, kebersamaan dan gotong royong. Sebagai Pemerintah Daerah, Pemerintah tidak pernah membeda2kan etnis, ras dan agama. Hal ini telah dicontohkan oleh pemimpin2 kita terdahulu juga termasuk Presiden RI bapak Joko Widodo beliau sangat menghargai kegiatan-kegiatan yang bersangkutan dengan Keagamaan.

Bupati Banggai juga meminta kepada seluruh masyarakat Umat Hindu harus satu komando dibawah kepemimpinan ketua PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia), dibawah kerjasama antara Tokoh Agama dan ketua" Adat umat Hindu . Dibawah satu kepemimpinan dan komitmen serta kerjasama yg baik maka segala apa yg diharapkan dan dicita2kan pasti akan terlaksana dengan sangat baik dan terorganisir.

Diakhir sambutannya Bupati menekankan kepada seluruh Masyarakat Umat Hindu untuk selalu menerapkan protokoler kesehatan memakai masker, Hindari Keramaian Dan Sering mencuci Tangan, Beliau juga mengatakan Pemerintah Daerah akan mengusahakan diadakannya Alat Kremasi jenazah (Alat Ngaben), pembangunan Gedung beserta fasilitas2 lain yg menjadi kebutuhan ritual ngaben di Tahun berikutnya.

Setelah sambutan Bupati Banggai Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi Kremasi dan memberikan semngat kepada keluarga. yang di tinggalkan.

(Sub. Bag. Dokumentasi Pimpinan Bag. Prokopim Setda Kab. Banggai/Mu'awanah),* Rahmat Bakari

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre