Breaking News

Beresiko, Jalur Antrian Penumpang Kapal di Mentawai Tanpa Tenda

Foto: Antrian Penumpang Kapal saat di periksa di Pelabuhan Tuapejat

MENTAWAI. FN- Portal keluar dan masuk penumpang kapal disarankan menggunakan tenda. Pasalnya jalur antrian tak dilengkapi dengan tenda dinilai membahayakan kesehatan penumpang kapal saat menunggu antrian pemeriksaan.

Salah satunya di pelabuhan kapal laut sebagai penghubung penumpang dengan kapal milik swasta Mentawai Fast. 

"Kita kwatir dengan kondisi kesehatan penumpang kapal saat menunggu antrian pemeriksaan dengan cuaca terik matahari amat panas," ungkap Ketua DPD Pekat IB Mentawai, Suharman kepada Wartawan usai melakukan koordinasi dengan Kasat Pol PP Mentawai di pelabuhan Tuapejat. Rabu, (01/07/2020).

Jadwal Kapal Mentawai Fast memasuki Pelabuhan Tuapejat pada pukul. 11.00 wib menjadi sebuah hal yang mesti di pertimbangkan Pemkab Mentawai. Terlebih bagi Warga memiliki resiko penyakit dengan terik Matahari. 

"Jadi jangan sampai dengan pemeriksaan  kesehatan Covid-19 di portal menambah penyakit lain bagi penumpang kapal karena tidak dilengkapi dengan tenda sebagai pelindung dari terik matahari," tambahnya.

Selain itu lanjut Suharman, Dengan tidak tersedianya tempat duduk dan tenda antrian loket tiket menjadi potensi besar bagi penularan Covid-19. 

Terdapat dua pelabuhan Kapal menuju Kota Padang yakni Pelabuhan Laut tempat menyandar Kapal Mentawai Fast dan Kapal Perintis. Kemudian Pelabuhan Penyeberangan tempat menyandar Kapal PT. ASDP dan Kapal antar pulau.

"Kadang-kadang dengan tidak adanya tempat duduk, pengguna jasa kapal penyeberangan sulit menjalankan protokol kesehatan seperti jaga jarak 1 meter. Apalagi kalau hari hujan," terangnya. 

Bahkan dikatakanya, Saat hujan turun Penumpang dengan sendirinya mengambil alternatif untuk melindungi diri dari hujan dengan cara berkumpul. Apalagi Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan hutan yang masih alami memiliki curah hujan tinggi.

Suharman menghimbau warga agar disiplin dengan aturan pemerintah soal protokol kesehatan Covid-19 yakni mencuci tangan, menggunakan masker, jaga harak 1 meter dan hidup bersih. 

"Semoga kita semua di jauhi dari virus korona. Dan semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa," tutupnya.

Ditempat yang sama, Kepala Satuan Satpol PP, Dul Sumarno merespon baik saran dan usulan Ketua DPD Pekat IB tersebut. 

"Nanti kita koordinasikan ini bersama gugus tugas Covid-19 kabupaten kepulauan mentawai. Saran ini sangat baik bagi masyarakat luas di masa pandemi covid-19 ini," katanya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre