Breaking News

Virus Flu Babi Afrika Serang Desa Bosua, Seluruh Babi di Sao Mati

Foto: Kandang hewan ternak babi warga dusun hutap sao satu bulan tak terpakai

MENTAWAI. FN- Virus African Swine Fever atau Flu Babi Afrika menyerang hewan ternak babi di Desa Bosua, Kecamatan Sipora selatan, kabupaten Kepulauan Mentawai. Akibatnya, hewan ternak babi yang dipelihara bertahun-tahun oleh warga Sao mati sia-sia. 

Menurut Salah satu Warga Sao, Tiranus Saumanuk bahwa selain memikirkan Pandemi Covid-19, ia juga kehilangan dua ekor babi yang telah dipelihara selama 2 tahun. Sementara 1 ekor berat berukuran 80 kg. Terhitung kerugian dialaminya mencapai Rp7juta.

Dikatakan, rata-rata hewan ternak babi di wilayah dusunnya mengalami hal yang sama. “Hewan ternak ini kami umpamakan seperti tabungan untuk tambahan biaya kuliah anak. Apalagi tahun depan anak saya mau wisuda,” ungkapnya kepada Wartawan dikediamannya. Kamis, (12/06/2020). 

Tiranus selaku salah satu tokoh adat di dusun tersebut mengakui kewalahan saat ini untuk memikirkan bagaimana bibit hewan ternak babi dapat dipelihara kembali. Sementara di wilayah tersebut hewan ternak jenis babi sudah musnah akibat wabah tersebut. 

Menurutnya, jika di hitung rata-rata dari dua ratus ekor jumlah kerugian di dusun huntap sao dan dusun Paguguk berkisar ratusan juta rupiah. “Saat ini kita kewalahan mencari bibit babi lagi karena dibeberpa desa mengalami hal yang sama,” terangnya.  

Ia berharap ada program pengadaan bibit dari pihak pemerintah dan swasta. Meskipun pihaknya harus membeli karena selain kebutuhan ekonomi juga menjadi kebutuhan Masyarakat disaat sykuran. 

“Kita disini mayoritas bergama kristen untuk syukuran seperti anak-anak mau berangkat sekolah dan kuliah kita harus menyediakan babi itu. Jadi kalau kita punen sekarang tentu kita harus membeli ayam dengan jumlah banyak,” tutupnya. 

Terpisah, Kepala Puskesmas Bosua, Yolpina membenarkan hal itu bahwa sudah kurang lebih satu bulan wabah virus flu babi afrika masuk ke desa tersebut.

"Babi mati itu bertepatan dengan adanya warga sao positif Covid-19 waktu lalu," ujarnya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre