Breaking News

Tahun Ini, Bakti Upgrade 5 Tower BTS Menjadi 4G di Mentawai

Foto: Tower BTS Bakti

MENTAWAI. FN- Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementrian Komunikasi dan Informatikan (Kemenkominfo) RI bakal mengupgrade 5 Jaringan Seluler Base Transceiver Station (BTS) atau Tower Telekomunikasi menjadi BTS 4G di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Saat ini terdapat 33 BTS tersebar di 10 Kecamatan  Mentawai. 

Menurut Kepala Bidang Informatika Dinas Kominfo Mentawai, Samuel Haratua Siswono terdapat dua jenis tower BTS bantuan BAKTI Kemenkominfo di Mentawai yakni, tower BTS sinyal seluler dan BTS akses Internet provider Iforte.

Samuel menyebutkan, saat ini terdapat 33 tower BTS sinyal seluler tersebar di 4 pulau besar Mentawai yakni, 15 di Pulau Siberut, 9 di Pulau Sipora dan 4 di Pulau Pagai utara serta 2 di Pulau Pagai Selatan. “Sudah lebih dari separoh telah di upgrade menjadi jaringan 4G,” ungkapnya kepada Wartawan. Rabu, (10/06/2020).

Kemudian 5 Tower BTS bakal di Upgrade menjadi 4G yakni, BTS Desa Bosua, Kecamatan Sipora selatan, BTS Pogari Desa Goisooinan, Sipora utara, BTS Desa Saumangayak, Kecamatan Pagai Utara, BTS Desa Betaet dan BTS Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya. 

Namun saat ini, pihaknya tengah menunggu teknisi dari Bakti. Pasalnya, kontrak kerja bukan melalui Pemkab Mentawai tetapi melalui BAKTI.

Dijelaskannya, untuk tower BTS Wifi pada bulan Desember 2019 akhir ada sebanyak 59 BTS akes internet yang di cabut di Mentawai. Hal itu terjadi karena vendor habis kontrak. Meski demikian bukan berarti 59 tower BTS akses internet ini tidak dapat aktif kembali namun ada pengurangan jumlah menjadi 57 tower BTS lokasi. Terkait 2 tower BTS internet telah memiliki akses internet mandiri. 

Ia menghimbau agar Masyarakat tetap bersabar, seharusnya tahun 2020 dapat aktif kembali namun terkendala akibat masa Pandemi Covid-19 ini.

“BTS Bakti Wifi untuk akses internet sebelumnya kita pasang ditempat fasilitas umum seperti puskesmas, kantor kecamatan dan kantor desa serta di sekolah,” terangnya. 

Sementara itu untuk layanan BTS bisnis disebutkannya di Mentawai tersebar di lima titik yakni, BTS bisnis 4G terdapat di Siberut Utara dan di Sipora Utara. Namun pihaknya telah menyurati PT. Telkomsel agar dapat mempertimbangkan kembali lokasi pemasangan BTS bisnis di wilayah lain di Mentawai. 

BTS bisnis dikatataknnya, selain memberikan layanan jaringan terhadap masyarakat mereka juga memperhitungkan jumlah kapasitas layanan bisnisnya. Dan itu menjadi alasan di Mentawai belum dapat memiliki BTS bisnis diseluruh kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai. 

Pada masa Pandemi Covid-19 ini, Kepala Bidang Informatika tersebut menyampaikan kepada Masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan atau peraturan pemerintah. Khusunya penggunaan Gadged seperlunya, bagi masyarakat yang tengah menjalani pekerjaan secara online dirumah untuk tidak berlama-lama menggunakan gedged tersebut. 

Kemudian, Bijak mengunakan layanan informasi dan komunikasi. Salah satunya penggunaan layanan Video Call (Videoconfrencee) ketika tidak diperlukan videonya dimatikan saja. 

Samuel mengatakan bagi Masyarakat yang membutuhkan jaringan akses internet agar segera mengusulkan lokasi-lokasi akan dibangun BTS Wifi. Hal itu dapat diakukan secara online maupun langsung datang ke diskominfo. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre