Breaking News

Tahapan Pemilihan Bamus Nagari Kapa Pasbar Cabut Nomor Urut

Pasaman Barat, Figurnews.com 

Pemilihan anggota Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) periode 2020-2026  akan dilaksanakan dalam pekan ini.

Sebanyak 23 peserta putra putri terbaik nagari Kapa maju  calon anggota Bamus dari enam kejorongan yang ada di kenagarian tersebut, akan memperebutkan sebanyak 9 kuota kursi Bamus Nagari Kapa.

Ketua Panitia Pemilihan Anggota Bamus Nagari Kapa, Samsiwan Rangkayo Mudo
mengatakan sekarang masih tahapan penentuan nomor urut peserta.

Nomor urut peserta disetiap wilayah pemilihan kejorongan dilakukan dengan cara cabut lot. Acara itu berlangsung di kantor Walinagari Kapa, Senin (15/6/2020) sekira pukul 10.30 WIB.

Sebelumnya, sebanyak 25 orang peserta mendaftar sebagai calon anggota Bamus Nagari Kapa, namun 2 orang di antaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat.

“Total hasil seleksi akhir sebanyak 23 orang peserta, dua orang ini tidak lulus persyaratan, karena dalam Perbup mewajibkan calon anggota harus berdomisili di nagari setempat," sebut Samsiwan

Ia juga menerangkan, sama hal dengan aturan terhadap untuk perwakilan pemilih, juga diperlakukan sama harus berdomisili di kejorongan lokasi pemilihan dengan dibuktikan tanda kartu penduduk.

"Jadwal pemilihan pada tanggal 18 Juni sampai 21 Juni 2020. Namun ini belum final dan besok akan kita rampungkan tentang jadwal pemilihan," terangnya.

Ia menjelaskan, sebanyak 23 peserta tersebut terbagi di wilayah pemilihan di enam kejorongan yang akan memperebutkan total 9 kursi, dengan rincian pembagian kursi yakni untuk 2 kursi di Jorong Kapa Selatan dengan jumlah peserta yang memperebutkan sebanyak 6 orang.

Untuk 2 kursi di Jorong Malasiro dengan jumlah peserta yang memperebutkan sebanyak 6 orang. 1 kursi di Jorong Lubuk Puding dengan jumlah peserta yang memperebutkan sebanyak 4 orang.

Kemudian, untuk 1 kursi di Jorong Kapa Timur dengan jumlah peserta yang memperebutkan sebanyak 2 orang. 1 kursi di Jorong Padang Lawas dengan jumlah peserta yang memperebutkan sebanyak 2 orang.

Selanjutnya, sebanyak 1 kursi di Jorong Kapa Utara dengan jumlah peserta yang memperebutkan sebanyak 3 orang. Sementara 1 kursi dari perwakilan perempuan dengan jumlah peserta 1 orang.

Samsiwan Rangkayo Mudo mengatakan, proses pemilihan ada dua jenis, pertama pemilihan langsung dan pemilihan perwakilan. Berdasarkan legal standing tentang protokol COVID-19 jika perkumpulan orang  lebih dari 30 orang, maka dilakukan pemilihan secara perwakilan.

Ada enam unsur perwakilan yang akan menjadi pemilih. Setiap unsur perwakilan akan mengutus untuk mewakili, namun jumlah hak pilih per unsur ditentukan dengan jumlah kursi. Sedangkan terhadap calon anggota tidak memiliki hak pilih.

"Kami berharap terhadap peserta, untuk kontestan rebutlah kursi bamus dengan baik dan bijak, karena niat kita untuk melanjutkan estafet demi tercapai nya pembangunan di Nagari Kapa," ujar ketua Bamus periode 2014-2020 itu.

Ia juga menyampaikan, nama - nama setiap calon anggota akan ditempelkan disetiap tempat keramaian per wilayah sehari sebelum hari pemilihan. Hal itu dilakukan agar diketahui masyarakat dan perwakilan unsur yang telah ditunjuk untuk memilih nanti nya.

Sementara Pj Walinagari Kapa, Edi Hartono mengucapkan rasa terima kasih nya kepada Ketua Bamus dan jajaran, dukung kinerja pemerintah selama masa jabatan berlangsung.

"Meski masa jabatan Bamus periode 2014-2020 akan berakhir pada pada akhir bulan ini, namun diujung masa jabatan Bamus sangat support dalam penanganan corona," katanya.

Menurutnya, Bamus adalah kontrol pengawasan dari kinerja pemerintahan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pemilihan anggota Bamus Nagari Kapa sehingga bisa terlaksananya tahapan pemilihan Bamus untuk periode 2020-2026.

Edi Hartono menjelaskan, pihak nya dari awal telah berkomitmen untuk menciptakan azas keadilan untuk para calon anggota Bamus. Hal itu ditunjukkan dengan meminta perwakilan panitia dari setiap kejorongan.

Dengan itu, setiap panitia berasal dari perwakilan kejorongan yang ada di Nagari Kapa. Disamping perwakilan dari setiap kejorongan, juga dibantu dari pegawai pemerintah nagari setempat.

Ia juga mengatakan, disetiap tahapan pihak nya tetap selalu berpedoman dari Perbup yang ada. Seperti hal nya tahapan sebelum dilakukan pemilihan, terlebih dahulu dilakukan penentuan nomor urut peserta.

"Saya ini pegawai negeri dan kebetulan dipercaya untuk menjadi pejabat sementara memimpin Pemerintahan Nagari Kapa. Untuk itu saya tidak ada kepentingan dan hanya ingin demokrasi ini berjalan adil di Nagari Kapa," paparnya.

"Saya juga tidak memihak ke siapa pun dan ini komitmen saya. Kita berdemokrasi dan semua memiliki hak yang sama, sehingga harus diciptakan pemilihan setransparan mungkin. Siapa pun yang ingin jadi anggota bamus silahkan," lanjutnya menegaskan.

Ia juga berharap, semoga kedepan nya dengan Bamus yang baru, seluruh program yang ada di Nagari Kapa bisa berjalan lebih lancar lagi dan selalu bersinergi serta berjalan dengan baik demi kepentingan masyarakat," harapnya.

Dalam acara penentuan nomor urut calon anggota Bamus Nagari Kapa periode 2020-2026 itu turut dihadiri oleh, perwakilan Kecamatan Luhak Nan Duo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Ketua Pemuda Nagari, Tokoh Masyarakat dan Bundo Kanduang.


(Dodi ifanda)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre