Breaking News

Sumbar Berencana Membuka Sekolah Pada bulan Juli 2020

Pasbar, Figurnews.com

Video Conference (Vidcon) Gubernur Sumatera Barat dengan Bupati/Walikota se-Provinsi Sumatera Barat, Senin, (15/6/2020). Acara turut diikuti oleh Bupati Yulianto, Sekda Yudesri, Para Asisten serta seluruh Kepala OPD, yang diadakan di Auditorium Kantor Bupati Pasaman Barat.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membicarakan 5 Agenda kepada seluruh Bupati/Walikota se-Sumatera Barat yaitu tentang, Evaluasi Sepekan Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNB PAC), Penanganan Covid-19 Di Era TNB PAC, Pemulihan Ekonomi, Persiapan Menghadapi Tahun Ajaran Baru Pendidikan, dan Persiapan Pilkada 2020.

Mengenai Evaluasi Sepekan Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19 (TNB PAC), evaluasi pertama terkait dengan new normal tersebut adalah sudah berapa banyak pertumbuhan positif COVID-19 pada saat diterapkannya kehidupan new normal yang akan datang.

"Alhamdulillah melihat kondisi data terakhir, sampai tanggal 14 Juni 2020 perkembangan positif COVID-19 di Sumatera Barat dibawah 1%. Untuk itu, kita perlu betul-betul menyiapkan sistem kesehatan untuk mengantisipasi terjadi gelombang baru," ujar Irwan

Persiapan tahun ajaran baru pendidikan. Menurut Gubernur untuk tahun ajaran baru sesuai dengan edaran yang diberikan oleh Kemendikbud, bahwa untuk aktivitas belajar mengajar tetap diberlakukan mulai tanggal 13 Juli 2020 dengan mematuhi semua protokol COVID-19 yang sudah ditetapkan untuk sekolah-sekolah, dan keputusan ini akan final dan diketahui lagi pada vidcon terakhir yang akan diadakan di awal bulan Juli 2020 mendatang.

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berencana membuka sekolah pada bulan Juli 2020 dalam situasi penerapan tatanan kenormalan baru (new normal). Sebelum mewujudkan itu, pemprov masih mengkaji skenario dalam penerapan aturan Covid-19.

“Kita belum bisa memutuskan, apakah akan kembali membuka sekolah dan melaksanakan pembelajaran dengan sistem tatap muka atau tidak. Nanti akan ada rapat kembali dengan bupati-wali kota di awal Juli untuk memastikan kapan sekolah akan dibuka kembali,” kata gubernur.

Menurutnya, ada dua skenario menjadi pilihan. Yaitu belajar secara belajar jauh melalui online (daring) atau belajar di sekolah, tapi sesuai dengan aturannya protokol penanganan Covid-19.

Meskipun Sumbar menyatakan sementara berhasil mengendalikan sebaran wabah Covid-19 di Sumbar, namun pemprov masih ingin memantau perkembangan penyebaran Covid-19 hingga awal Juli mendatang.

“Oleh sebab itu, awal Juli nanti kami akan kembali rapat untuk memutuskan hal ini. Semoga wabah virus Corona ini segera berlalu, agar anak-anak kita tidak tertinggal dalam pendidikan,” kata Irwan Prayitno.

Penanganan COVID-19, harus tetap melakukan testing, tracking, isolasi, dan treathmen. Dan seluruh Bupati/Walikota diminta untuk menerapkan hal tersebut pada kondisi new normal saat ini.

"Testing tetap dimaksimalkan dan dimasifkan , tetapi testing yang dilakukan sekarang tidak hanya untuk tracking tidak hanya untuk PDP yang masuk rumah sakit dan tidak hanya untuk ODP dan OTG , tapi dalam kontek new normal ini kita pastikan semua yang terlibat dalam pelayanan  publik itu mereka bebas COVID-19" jelasnya.

"Kemudian, mengenai Pemulihan ekonomi. Untuk pemulihan ekonomi bisa kita sebut dengan pemanasan dan pemanasan ini perlu didukungan baik dari Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota supaya ekonomi daerah betul-betul bergerak seperti ekomoni semula. Jadi pada point ketiga ini kami meminta untuk ditindak lanjuti oleh Bupati dan Walikota yang ada," katanya.

Perihal persiapan Pilkada tahun 2020. Dalam hal ini menindak lanjuti tentang pelaksanaan Pilkada 2020 Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen menyampaikan, bahwa sesuai dengan Surat Keputusan KPU RI Nomor 258/PL.02-Kpt/01/VI/2020 yang ditetapkan Pada Senin 15 Juni 2020 bahwa tahapan Pilkada dimulai kembali dengan mematuhi protokol COVID-19.

Dalam surat keputusan itu disebutkan bahwa tahapan Pilkada dilanjutkan dengan pelantikan dan masa kerja panitia pemungutan suara, verifikasi syarat dukungan pasangan calon perseorangan, pembentukan dan masa kerja petugas pemutahkiran data pemilih, serta pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih," jelasnya.

Dodi Ifanda

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre