Breaking News

Sosialisasi Persiapan New Normal di Siberut Utara dan Barat

Foto: Pengecekan Persiapan New Normal di Toko Desa Sikabaluan

MENTAWAI. FN- Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Penyebaran dan Penularan Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melaksanakan Sosialisasi Persiapan Tatanan Normal Baru Produktif (New Normal).

Sosialisasi Persiapan New Normal itu dilakukan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sosialisasi selama 4 hari terbagi 3 Tim itu dilaksanakan di 10 Kecematan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Salah satunya Tim di Kecamatan Siberut utara dan Siberut barat dikoordinatori Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintah Hukum dan Politik, Nurdin.

Pada Sosialisasi di Kecamatan Siberut utara, Selasa (16/06/2020) Tim mengundang 6 Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat untuk menyampaikan dan menyesuikan penerapan Perbup di masing wilayah desa di kecamatan Siberut utara.

Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik mengatakan New Normal adalah solusi untuk membangun pemahaman kesadaran baru menghadapi pandemi covid-19 dan mengembalikan ekonomi Masyarakat selama ini yang telah lumpuh total. Kebiasaan baru dimaksud sesui protokol kesehatan seperti Memakai Masker, Menjaga Jarak 1 Meter, Mencuci Tangan dan Menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat.

“Kita membawa misi bupati di masa pandemi Covid-19 ini untuk membangun pemahaman tentang ancaman dan dampak dari Covid-19 itu terhadap masyarakat,” ungkapnya kepada Wartawan. Selasa, (16/06/2020).

Selanjutnya dikatakan, pihaknya membangun kesadaran ditengah masyarakat untuk melakukan pencegahan sebelum terjadi. Kegiatan menjadi kebiasaan untuk menciptakan kesadaran masyarakat agar timbul sendiri dalam kegidupan sehari-hari.

Pihaknya juga memastikan sarana dan prasarana publik seperti rumah ibadah, sekolah, pasar, pelabuhan dan puskesmas serta ditempat-tempat keramaian tentang penerapan perturan atau tanda-tanda seperti adanya tempat cuci tangan, tanda posisi dan alat pengukur suhu.

Menurutnya, pada 7 Juni 2020 lalu Kabupaten Mentawai telah bisa menerapkan New Normal, Namun karena adanya Klaster Kota Padang, Penerapan New Normal di tunda menjadi 21 Juni 2020 mendatang. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi atas dampak penyebaran dari kota Padang. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre