Breaking News

Sebanyak 38 Calon Bamus Nagari Talu Cabut Nomor Urut, Besok Penetapan Calon Tetap

 Pasaman Barat, Figurnews.com

Pemilihan anggota Badan Musyawarah (Bamus) Nagari Talu, Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) periode 2020-2026  akan dilaksanakan beberapa pekan kedepan.

Sebanyak  38 orang peserta calon Bamus Nagari Talu terdiri dari empat wilayah kejorongan dan keterwakilan perempuan  akan memperebutkan sebanyak 9 kuota kursi Bamus Nagari Talu.

Ketua Panitia Pemilihan Anggota Bamus Nagari Talu, Yondrizal,SH. MH mengatakan "Alhamdulillah Kita di Nagari Talu akan melaksanakan pemilihan Bamus  secara langsung. Sebanyak 38 orang bakal calon anggota Bamus nagari Talu periode  tahun 2020-2026".kata Yondrizal, pada Jumat.

"Dari tahapan yang sudah kita lakukan hingga tadi sore  adalah pengundian nomor urut calon,  insyaallah Sabtu besok akan diumumkan  calon tetap. Dimana nagari Talu atau basis wilayah Pemilihan yang digunakan oleh Panitia pemilihan (panlih) adalah kejorongan sesuai amanat UU nomor 6, PP 43 Perda nomor 2 tahun 2018, dan peraturan kebijaksanaan lainnya seperti Perbup dan Permendagri 110" kata Yondrizal

Ia menambahkan calon anggota Bamus nagari Talu diusung dari masing-masing wilayah kejorongan dan keterwakilan perempuan diantaranya  perwakilan wilayah Sungai Joniah sudah terdaftar sebanyak 9 calon, wilayah Patomuan 7 calon, wilayah Tabek Sirah 6 calon, Wilayah Merdeka 7 calon, wilayah Perhimpunan ada 2 calon sementara keterwakilan perempuan sebanyak 7 orang calon.

"Adapun jumlah Alokasi Bamus Talu sebanyak 9 kursi terdiri dari wilayah Sungai Joniah 2 kursi, Wilayah Tabek Sirah 2 kursi, wilayah Merdeka 1 kursi, Wilayah Patomuan 1 kursi, wilayah Perhimpunan 1 kursi dan Alokasi kursi untuk keterwakilan perempuan 2 kursi,".terangnya

Ia berharap dengan dilaksanakannya pemilihan secara langsung Anggota Bamus ini berharap terpilih anggota Bamus yang betul-betul pilihan penduduk nagari Talu.Tentunya masyarakat dapat memilih calon yang betul-betul mampu menampung aspirasi masyarakat.

"Hingga sekarang Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) Nagari Talu sebanyak 5.771 pemilih, dengan adanya pemilihan langsung ini sangat terbuka peluang anak nagari utk menduduki kursi bamus tergantung usaha para balon untuk menarik simpati masyarkat pemilih"ujarnya.

"Disisi lain keinginan anak nagari untuk berpartisipasi sebagai calon sangat tinggi terbukti ada 38 calon. Tentunya ini merupakan dinamika baru dalam Nagari Talu yang sebelumnya kita baru melaksanakan secara perwakilan," imbuhnya.

"Dengan adanya UU Desa, Peraturan Pemerintah dan Perda serta Permendagri dan Perbup maka membuka ruang adanya opsi pemilihan langsung".pungkas mantan Ketua KPU Pasbar tersebut.

Berikut Calon Bamus Nagari Talu (Alokasi 9 kursi) :
Wilayah Patomuan (Alokasi 1 kursi)
1. Zulhelmi
2. Sultoni
3. Jupriadi
4. Amri Ahmad, S.sos.i
5. Annuzul, S.pd.i
6. Khairul Ikbal, S.sos.i
7. Afriadi, S.pd.M.pd

Wilayah Merdeka (Alokasi 1 kursi)
1. Umarsyah
2. Mulya Resky, S.pd
3. Taufik
4. Dori andika, A.ma
5. Windi ilham
6. Jacky el Zazul
7. Saptariadi

Wilayah Tabek Sirah (Alokasi 2 kursi)

1. Marwan Efendi
2. Masrial dt Bagindo Sati
3. Abdul Yashar
4. Padri Malintang Rajo
5. Syafri Mustika
6. Irwanto

Wilayah Sungai Janiah (Alokasi 2 kursi)
1. Firmansyah
2. Rifki Yuhaldi Putra,SS
3. Anggy Pernanda,SH
4. Candra Kelana, S.pd
5. Alwizra, S.pd.i., M.pd
6. Marnius Khatib, SE
7. Ikhwan
8. Fadlul muhsin
9. Aljufri,SS

Wilayah Perhimpunan (Alokasi 1 kursi)
1. Gatot Pernanda, S.pt
2. Afni Nia Sari, S.kom.,M.kom

Keterwakilan Perempuan (kuota 2 kursi)
1. Kamelia Gumanti,S.pd
2. Vivil Wilya Nessa, A.md
3. Tri Murni,S.pd
4. Meria Eli Zahra
5. Rosma Desi
6. Helmi Yulianti

Pengumuman Calon tetap Bamus Talu pada Sabtu 20 Juni 2020

(Dodi Ifanda)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre