Breaking News

Plakat Sawah Bertanam 2 kali Setahun Menuju Talu Sejahtera

Talu (Sumbar), Figurnews.com

Hasil Musyawarah petani untuk percepatan turun ke sawah se nagari talu yang  berlangsung di rumah Gadang, kampuang Japang, Jorong Patomuan, Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar Kamis (4/6).

Dalam Pertemuan dihadiri kadis pertanian beserta staf, camat Talamau, Koramil 03 Talu, Kapolsek Wali Nagari Talu, Bamus beserta niniak mamak se Nagari Talu, penyuluh pertanian se talamau, pengurus kelopok tani se nagari Talu dan anggota.

Sementara itu, Camat Talamau Nur Fauzia Zein menjelaskan, sebagai Komandan Kostra Tani Kecamatan Talamau mengapresiasi inisiatif dan semangat para petani yang tergabung dalam 25 kelompok tani untuk mempercepat tanam serentak 2 kali setahun," jelasnya


"Semoga segala kendala dapat diatasi dengan support dari Wali Nagari dan seluruh tokoh masyarakat untuk menghasilkan panen berlimpah minimal 4.5 ton per hektar
Luas 2271.5 ha luas tanam Kec Talamau," katanya

"Diketahui sawah yang bakal ditanam dengan luas 2271.5 Ha di Kecamatan Talamau, sehingga Talu  Talamau  umumnya menjadi lumbung pangan Pasaman Barat terutama menjaga ketahanan pangan saat Pandemi Covid 19," pungkas Ezi Zein.


Sementara dr. Fadlan Maalip Tuanku Bosa XIV Pucuak Adat Talu menuturkan, "Semoga tahun 1441 H dibulan Syawal, hari baik bulan baik Talu dengan kesadaran bersama serentak melakasanakan basawah dua kali setahun dan dibulan ramadhan tidak ada kegiatan disawah".


Sejak 11 tahun yg di ikrarkan anak nagari Talu Sinuruik inshaallah tahun ini  tuntas 100 % turun kasawah serentak dua kali setahun. Sejalan dengan kebun 1 ha per Kepala Keluarga, mudah-mudahan 4 - 5 tahu  yang akan datang ekonomi masyarakat  Talu meningkat.

Plakat sawah tahun 2020 ditandatangani seluruh niniak mamak Talu Sinuruik, wali Nagari dan alim ulama.

"Ikrar dalam bentuk kesepakatan plakat sawah Talu Sinuruik. Tahun ini Kedua wali nagari dan bamus sepakat turun kasawah basamo. Terimakasih kepada Wali,  Bamus dan pada bu Camat beserta dengan unsur Forkompimca Talamau, terkhusus juga terimakasih penyuluh petani yang selalu bergiat bersama petani," ucap Tuanku Bosa XIV Pucuak Adat Talu.

Wali Nagari Talu Sudro hakimi menyampaikan "Dengan tekad yang kuat dan kerjasama yang luhur dari seluruh komponen terkait serta seluruh anak nagari di ranah maupun dirantau, Insya Allah Plakat Sawah akan berhasil". katanya.

Apabila Plakat Sawah berhasil baik, Insya Allah program-program peningkatan ekonomi lainnya akan mudah dilaksanakan. Semoga.

*Dodi Ifanda

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre