Breaking News

Pentingnya Radio Analog Saat Transisi ke Masa New Normal di Mentawai

Foto: Radio Analog

MENTAWAI. FN- Pentingnya peranan Radio Analog saat masa transisi ke masa tatanan kehidupan baru (New Normal) di kabupaten Kepulauan Mentawai pada 21 Juni 2020 mendatang.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk edukasi protokol kesehatan Covid-19 di masa new normal terhadap Masyarakat di 43 Desa dan 10 kecamatan di kabupaten kepulauan Mentawai terbagi di 4 Pulau besar yakni Pulau Siberut, Sipora dan Pagai Utara serta Pagai Selatan.

Namun saat ini Antena Pemancar Frekuensi Modulasi (FM) Lembaga Publik Penyiaran Lokal (LPPL) Radio Sasaraina mengalami kerusakan.

Meski demikian, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kepulauan Mentawai telah melakukan pengembangan dari radio Analog menjadi radio visual secara streaming. Namun hanya dapat di akses di wilayah yang memiliki jaringan internet.

Menurut Kepala Diskominfo Mentawai, Heri Robertus bahwa melihat Mentawai sebagai wilayah kepulauan Radio Visual belum efektif atau tidak dapat di dinikmati oleh seluruh masyarakat di kepulauan Mentawai. 

“Kita akan memaksimalkan radio sasaraina supaya keluarga kita dan saudara kita yang berada di pelosok dapat medengarkan radio sesui jangkauan radio sasaraina secara langsung. Jadi tidak hanya menggunakan internet saja,” ungkapnya kepada Wartawan. Rabu, (10/06/2020).

Menurutnya, acara di Radio Sasaraina saat Pandemi Covid-19 sangatlah penting bagi Masyatakat. “Kita melalui radio sasaraina tidak bosan-bosan mensosialisasikan itu terhadap masyarakat mentawai,” terangnya. 

Selain itu Heri Robertus mengakui saat Pandemi Covid-19 ini banyak kegiatan tertunda seperti perpanjang VSAT, Upgrade Jaringan 4G dan Perbaikan Antena Radio Analog.

"Semoga di masa new normal mendatang semua kegiatan dapat berjalan kembali. Teknisi pusat dapat masuk ke mentawai sesui protokol kesehatan," terangnya.

Terpisah menurut Kepala Bidang Komunikasi Diskominfo Mentawai, Marcolinus tidak aktifnya radio analog sasaraina fm dimulai sejak bulan Oktober 2019 lalu. "Kerusakan alat disebabkan terjadinya konsleting akibat petir diwaktu itu," katanya.

Namun pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut dan saat ini tengah menunggu kedatangan peralatan dan teknisi untuk memperbaiki antena pemancar radio analog LPPL Sasaraina. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre