Breaking News

PDI Perjuangan dan PKS Bakal Berkoalisi di Pilkada Pasbar???

PASBAR, Figurnews.com 

DPC PDI Perjuangan memastikan bakal berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera dalam pengusungan bakal calon bupati dan wakil bupati Pasaman Barat (Pasbar) periode 2021-2024.R

Risnawanto dan Hamsuardi digadang - gadangkan yang akan dipasangkan dari partai berlambang banteng moncong putih dan PKS untuk maju di Pilkada Pasaman Barat mendatang.

"Kita belum bisa memastikan calon yang kita usung berada di posisi bakal calon bupati. Kita lihat hasil survey dulu, namun untuk koalisi sudah ada kesepakatan," sebut Ketua DPC PDI Perjuangan Pasaman Barat, Dedi Lesmana, Selasa (16/6/2020).

Ia mengatakan, dalam pencalonan kepala daerah pihak nya lebih mengutamakan kader sendiri. Sementara Risnawanto merupakan dewan pembina dan sebelumnya menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Pasaman Barat serta Wakil Bupati Pasaman Barat periode 2005-2010.

Sejauh ini pihak nya sudah sepakat dengan Partai Keadilan Sejahtera untuk mengusung calon kepala daerah. "Memajukan daerah ini harus bersama-sama, kesepakatan kita dengan PKS jika dipersentasekan sudah mencapai 80 persen," katanya.

Ia menjelaskan, PKS telah mengajukan kader nya sendiri yakni Hamsuardi, untuk dipasangkan dengan Risnawanto. Sementara pembicaraan antara kedua kandidat ini masih 30 persen.

"Antara PDI Perjuangan dan PKS sudah bisa dikatakan hampir deal, namun antara kedua kandidat masih tahap pembicaraan. Ini kan menyangkut siapa yang menjadi bupati dan wakil bupati," jelasnya.

Menurut Dedi, rakyat Pasaman Barat membutuhkan pemimpin yang jaringan luas. Sebab Kabupaten ini merupakan daerah salah satu penghasil minyak kelapa sawit terbesar di Sumatera Barat.

"Kita butuh pemimpin yang bisa mengangkat taraf ekonomi rakyat dari hasil tani sawit swadaya ini," ucapnya.

Namun ia memandang, siapa pun kepala daerah yang terpilih nanti nya akan memiliki beban kerja yang berat. Sebab masa kerja nya hanya sampai tahun 2024 dan kembali digelar pemilu dan pilkada serentak.

"Kalau pun nanti menjabat, ini pekerjaan tidak mudah karena bekerja tidak sampai 5 tahun. Bagaimana membuat prestasi dan ditambah ada nya wabah. Maka dibutuhkan pemimpin yang bisa bekerja keras," katanya.

Terkait peluang di Pilkada Pasbar, PDI Perjuangan sendiri memiliki 4 kursi di DPRD Pasaman Barat, dengan total 16.700 perolehan suara sah di pileg 2019 lalu dan menjadi partai suara nomor urut lima terbanyak di Pasaman Barat.

"Kita pasti akan berkoalisi untuk bisa mengusung calon kepala daerah memajukan daerah ini harus bersama-sama, namun target kita kandidat bupati rekomendasi dari PDIP," ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam Pilkada sebelumnya, PDI Perjuangan berkoalisi dengan Partai Golkar dan hanya berhasil mengantarkan pasangan Zulkenedi Said dan Risnawanto di urutan kedua dari tiga pasang jumlah calon kepala daerah tahun 2015 lalu.

Dodi Ifanda

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre