Breaking News

Pasaman Barat Hentikan PSBB Lanjutkan Kenormalan Baru

Simpang Empat, Figurnews.com

Berdasarkan hasil rapat koordinasi Gubernur Sumatera Barat dengan seluruh Bupati/ Wali Kota se-Sumbar melalui Video Conference Minggu (7/06/2020), Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat menyepakati untuk pencabutan status PSBB di kabupaten Pasaman Barat dan menerapkan Tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 di kabupaten Pasaman Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh bupati Yulianto saat melakukan jumpa Pers bersama awak media didampingi oleh Forkopimda Pasbar di kantor bupati.

Hari ini Minggu 7 Juni 2020 Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menghentikan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga dan menerapkan era new normal atau Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC). Penerapan ini berlaku di 16 kabupaten dan kota mulai besok, Senin (8/6/2020).

Bupati juga menyampaikan bahwa pada hari ini telah didapatkan hasil swab dari dua petugas Lembaga Permasyarakatan Terbuka Kelas II B Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat yang diambil pada Jumat (5/6), dimana petugas Lapas dengan inisial W (21) dinyatakan positif Corona Virus Disease (COVID-19) dan temannya dinyatakan negatif dari hasil swab Laboratorium Unand Padang.

"Dengan hasil tersebut, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat bersama unsur Forkopimda dan DPRD melalui tim gugus tugas Covid-19 melakukan gerak cepat dengan melaksanakan proses tracking  serta pemeriksaan lebih lanjut terhadap kesehatan (W) di RSUD Pasbar dan direncanakan akan dibawa ke Kota Padang untuk dilakukan Isolasi,"ungkap Yulianto. 

Sementara itu terhadap 28 petugas lapas dan 4 warga binaan Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman Barat yang pernah kontak dengan (W) juga telah dilakukan tes swab pada Sabtu (6/6). Dan selama menunggu hasil swab keluar, 32 orang tersebut dihimbau untuk melakukan isolasi mandiri.

"Kami mengharapkan Kepada seluruh masyarakat Pasaman Barat untuk tetap tenang dan selalu mematuhi protokol penangana penyebaran Covid-19, seperti rajin cuci tangan dan menjaga jarak, dan menggunakan masker," pungkasnya.

Sebanyak 16 kabupaten dan kota di Propinsi sumatera barat yang memutuskan menerapkan kenormalan baru sesuai dengan syarat yang disampaikan organisasi kesehatan dunia (WHO) dan arahan pemerintah pusat. Seperti Kemenkes, Kemendagri hingga BNPB.

(Dodi Ifanda)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre