Breaking News

Ngadu ke Camat Sungai Lilin, Kades Berlian Makmur Diduga Paksa 11 Perangkat Desa Teken Surat Pengunduran diri

SUNGAI LILIN MUBA , FIGURNEWS.COM -  Diduga melanggar  Peraturan Daerah Musi banyuasin No.8 tahun 2017 dan Permendagri nomor 83   tahun 2015  tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat Desa. Kepala Desa Berlian Makmur, Kecamatan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin SUPIANTO yang belum lama dilantik  menuai protes  dan diadukan  ke Camat Sungai Lilin.

Pasalnya  Kepala  Desa Berlian Makmur  yang belum lama di Lantik tersebut memberhentikan perangkat Desanya  secara sepihak dengan cara menekan  untuk menandatangani surat pengunduran diri  dari 11 perangkat Desa  secara paksa tanpa ada alasan yang jelas.

Di antaranya Sofyan sebagai sekertaris Desa, Dias Nawang Wulan sebagai Kaur Perencanaan, Merry Anggraeni sebagai kaur umum/tata usaha, dan Wardan Kholik sebagai kaur keuangan, serta Rohman sebagi kasi pelayanan. 

Sedangkan jabatan Kadus yang di berhentikan yaitu: Edi Mulyono ,Ahmat Sujari ,Suparmo Soekron dan Anim Handoko serta Agus Subagyo .

Berkaitan hal tersebut 11 perangkat Desa yang di berhentikan secara paksa oleh Kepala Desa  Berlian Makmur, mereka mendatangi Kantor Camat Sungai Lilin,  Jumat (12/6/2020) kemarin, untuk mengadukan atas tindakan Kepala Desa Berlian Makmur yang dianggap  arogan dan tidak mengikuti aturan memberhentikan perangkat Desa dengan cara  paksa  yang dipermalukan di hadapan masyarakat Berlian Makmur.

" Ya, Saya di berhentikan  oleh Kepala Desa Berlian Makmur SUPIANTO secara sepihak, dan dipaksa untuk menandatangani surat pengunduran diri  pada tanggal 8 Juni 2020 tanpa adanya koordinasi sebelumnya  dan  tanpa ada  alasan yang jelas.

"Nah , Ini jelas  sudah menyalahi aturan dan melanggar  Peraturan Daerah Musi banyuasin No.8 tahun 2017 dan Permendagri No. 83  tahun 2015 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa,” jelas Sofiyan (49) Selaku Sekertaris Desa  Berlian Makmur.

Selain itu juga menurut Ahmat Sujari (36) yang juga salah satu Kadus 3 ( tiga) yang di berhentikan mengatakan, Kami seluruh perangkat desa lama masih aktif dan masih bekerja seperti biasa, bahkan kami masih mendata masyarakat sampai malam dan Kami juga  tidak menduga Senin 8 Juni 2020  lalu dipanggil dan dipaksa oleh Kepala Desa   di depan umum untuk menandatangani surat pengunduran diri dan Kami  juga kaget aja   padahal kami tidak  pernah  sana sekali membuat surat pengunduran diri tersebut.  

"Jika pemberhentiannya  sesuai peraturan  semua Perangkat Desa akan legowo kok mas ,” ungkapnya.

Sementara Dalam menyikapi persoalan  pemberhentian perangkat Desa Berlian Makmur tersebut,  Camat Sungai Lilin Emilya Afrianita ,S.STP M.si saat di hubungi melalui pesan Via WhatsAppnya , Sabtu (3/6) mengungkapkan, bahwa menurut UU no 6 tahun 2014 pemberhentian perangkat Desa ditetapkan oleh Kepala Desa setelah melakukan konsultasi dengan camat," tutupnya singkat.

Hingga  berita  ini di terbitkan oleh media Figurnews.com  dan guna untuk berimbangnya berita yang di sajikan Kepala Desa berlian Makmur  SUPIANTO saat di konfirmasi melalui Via WhatsApp nya  0822 1904 xxxx  Sabtu (13/6/2020) sekitar pukul 10.52 wib belum juga ada jawaban (Tim)


Editor posting: Sudarmanto

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre