Breaking News

New Normal Walikota Riza Falepi Ingatkan Tetap Perhatikan Protokol Kesehatan

Payakumbuh (Sumbar), Figurnews.com

Aktivitas perekonomian di Kota Payakumbuh mulai normal kembali.Pertokoan dan tempat usaha  mulai buka  kembali. Pembukaan aktifitas perekonomian tersebut bagian dari penerapan Tatanan Baru Normal Produktif Aman Covid 19 (TBNPAC) yang dimulai sejak senin lalu(08/06/2020).

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi mengatakan,Keselamatan warga bukan hanya dari covid 19, akan tetapi dari kelaparan akibat lumpuhnya perekonomian beberapa waktu lalu.
"Strategi menyesuaikan menyeimbangkan antara pandemi kesehatan dengan ekonomi. jika ekonomi mulai normal kembali, semuanya akan mudah dijalankan," kata Riza di Kantor Wali Kota Payakumbuh, Rabu (10/06/2020).

"Kita membuka secara bertahap baik berkenaan dengan ekonomi atau jasa, meski kegiatan ekonomi dibuka, pembeli dan pemilik usaha wajib memperhatikan protokol kesehatan. Seperti jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan.
Sudah ada TNI dan Polri di tempat-tempat yang merupakan titik keramaian. Kalau tidak sesuai akan diarahkan oleh mereka,"ujar Riza kepada rekan media.

Pengamatan dari tim humas, mobil boxs dan bak terbuka pengangkut barang mulai terparkir kembali. Sejumlah mobil dan motor milik pembeli juga terparkir di lokasi parkir pinggir jalan tersebut.Lokasi jalan juga menjadi padat dan tersendat arus lalu lintasnya karena kembali ramainya aktifitas perekonomian.

Salah seorang pemilik toko Halim (50) mengaku bersyukur diperbolehkan kembali dibuka tokonya.Hal itu menyusul pemberlakukan tatanan kehidupan baru.
"Bagus bersyukur kita, kemarin pusing juga tidak buka," ujar Halim.

Halim menuturkan ketika beberapa waktu lalu tokonya sempat tutup dan hanya jual beli melalui online.
"Jadi kita tempel nomor telepon, kalau ada pembeli bisa langsung hubungi WA saja. Karena engga semua ngerti belanja online," tuturnya. Semoga dengan diberlakukannya TBNPAC ini, kami para pedagang dapat kembali membangun perekonomian, pungkasnya.(FN054)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre