Breaking News

Mengkhawatirkan,Warga Patomuan Talu Butuh Normalisasi Sungai dan Penguatan Tebing Beronjong

  
Pasaman Barat, Figurnews.com

Tebing Terban Lokasi Pinggir sungai Batang Talu. Butuh normalisasi sungai dan penguatan tebing (Baronjong).
 Kwatir bila air bah bisa mengikis tanah perkampungan Lubuak Poniang, Jorong Patomuan Nagari Talu. Kecamatan Talamau Pasaman Barat, Selasa (16/06/2020).

Afriadi warga Lubuak Poniang Talu mengatakan memang benar adanya pengikisan tebing karena air bah beberapa waktu lalu.

Afriadi berharap kepada pihak terkait untuk pembangunan di nagari Talu yang belum respon atas keadaan tebing batang Talu yang mengikis tebing di kampung Patimuan.

"Keadaan tebing terban sangat riskan akan bertambah luas akbiat terkikis air bila air bah di musim hujan. Mohon kepada Kepada dinas PU dan BPBD Pasbar menanggulangi normalisasi sungai Batang tamu dan perlu penguatan tebing dengan  baronjong" harapnya

Ia menambahkan beberapa warga juga sudah mengusulkan ke wali nagari mengenai pembangunan Bronjong namun sampai sekarang belum tau perkembangan realisasi dari wali nagari.

Tidak tebing di Jorong Patomuan saja yang terban, di jorong Sungai Jonuah Talu juga ditemukan pengikikisan tebing bahkan hampir mengikis ke salah satu rumah warga dan Polindes sungai Joniah.

Candra Kelana warga Sungai Joniah Talu menyampaikan tersebut sangat mengkhawatirkan  sekali,  keadaan seperti ini karena berakibat kan fatal sekali jikalau terjadi hujan deras menguyur kampung kami ini, ada bangunan rumah yang pondasinya sudah hampir ambruk". Katanya.

Sampai berita ini langsir Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pasbar, Henny Ferniza  akan mengusulkan sama pimpinan pembangunan penguatan tebing dimaksud.


(Dodi ifanda)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre