Breaking News

Mengetahui 1 Petugas (OTG) Positif COVID19, Ini Kata Kepala Lapas Terbuka Pasaman

Pasaman Barat, Figurnews.com 

Mengetahui hasil Swab seorang petugas inisial W terinfeksi Covid-19, Azhar Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Terbuka  Kelas II B Pasaman menyampaikan sudah perintahkan petugas W dan seluruh pegawai agar isolasi mandiri.

"Sekarang karena ada hasil yang positif, Saya perintahkan agar seluruh pegawai isolasi mandiri di komplek lapas untuk 1 sampai 2 hari kedepan, sampai keluar hasil SWAB 32 orang yang kemarin.," katanya pada wartawan, Minggu sore (7/6)

"Untuk Petugas W sudah dirujuk ke Padang untuk isolas mandiri. Sementara ke 28 orang pegawai dan 4 orang warga binaan statusnya menjadi orang tanpa gejala (OTG) juga lakukan Isolasi Mandiri di rumah masing-masing" terangnya.

"Untuk operasional kantor, kami sesuai dengan kekuatan pegawai yang ada di komplek Lapas, yang notabene juga jauh dari pemukiman penduduk".

"Kami akan atur sedemikian rupa,  agar isolasi mandiri dijalankan, pekerjaan juga tetap ditunaikan, lagipun warga binaan kita juga sudah kategori asimilasi, udah mau bebas juga".

Azhar menambahkan dari pantauannya rekan-rekan kerja Lapas Terbuka tidak ada satupun yang sakit demam tinggi, tidak ada yang sesak nafas dan tidak ada yang batuk-batu parah. Semua terlihat sehat wal afiat.

Selain itu juga sebagian pegawai juga berdomisili di dalam komplek Lapas Terbuka dan hanya beberapa petugas yang rumahnya di luar komplek.

"Kita juga telah melakukan langkah-langkah antisipasi,  Gugus Tugas Covid Pasaman Barat yang langsung melakukan test swab pada Sabtu kemaren di Lapas Terbuka Padang Tujuh terhadap 28 pegawai dan empat warga binaan". katanya

Sesuai arahan Jubir Satgas Covid-19 Pasaman Barat dokter Gina Alecia, Ia mengimbau kepada seluruh pegawai agar mematuhi protokol COVID-19 sampai keluarnya hasil swab"

"Tolong isolasi mandiri dulu, jangan keluyuran kemana-mana, berdiam diri di rumah saja, jaga kesehatan, pakai masker, sering cuci tangan, konsumsi makanan seimbang, rajin doa dan ibadah," sebutnya.

"Kami yakin negatif karena teman serumah yang positif itu saja hasilnya negatif. Apa lagi kami yang jarang bersentuhan dengan pegawai yang positif tersebut," tegasnya.

Diketahui petugas W merupakan warga Kuranji Kota Padang yang kontak dengan ibu dan neneknya pasien konfirmasi positif di Kota Padang.

Satgas Covid-19 Pasbar langsung mencari keberadaan tempat tinggal dan disuruh isolasi mandiri dan hasil tes swab W positif Covid-19, karena beberapa waktu lalu mereka baru pulang dari Kota Padang.

Untuk mencegah penularan Virus Covid-19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat bersama tim gugus tugas penanganan percepatan COVID-19 langsung melakukan penyemprotan disinfektan ke komplek perumahan pesien terinfeksi positif COVID-19 inisial W (21), Minggu siang.

"Kita menurunkan tiga orang anggota PMI melakukan penyemprotan ke komplek perumahan Harmoni jalur 32 didampingi tim gugus tugas COVID-19," kata Rida Warsa  Komandan Markas PMI Pasaman Barat

Sementara Juru birara Satgas Kesehatan Covid-19 Pasaman Barat drm Gina Alecia menyampaikan pihaknya juga menjadwalkan melakukan swab pada Senin (8/6) bagi pegawai dan warga binaan yang kontak langsung dengan pasien positif W.

"Kita akan melakukan swab dan bagi yang telah swab wajib menjalani isolasi mandiri," katanya.

Ia mengharapkan kerja sama Lapas Terbuka untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Salah satunya adalah dengan isolasi mandiri dan tidak kemana-mana sampai hasil swabnya keluar," harapnya.

Gina menambahkan Update  Minggu (7/6) total kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 269 orang dengan keterangan 264 orang sudah selesai pemantauan dan lima orang masih dalam pemantauan.

Untuk total kumulatif PDP (Pasien Dalam Pengawasan) sebanyak 15 orang dengan hasil swab 14 orang negatif, sehat sembilan orang, meninggal empat orang dan isolasi mandiri dua orang (1orang swab negatif, satu orang RDT pertama non reaktif).

"Total pelaku perjalanan sebanyak 29.571 orang, total kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) sebanyak 78 orang dengan keterangan 44 orang sudah selesai isolasi mandiri dan sehat, 34 orang isolasi mandiri (satu orang hasil positif satu orang negatif, 32 orang menunggu hasil)," jelas Gina Alecia.

(Dodi Ifanda)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre