Breaking News

Mengantisipasi Penyebaran Virus Corona,Pemkab Pasaman Lakukan Pemeriksaan Pool Tes Swab


Pasaman,figurnews.com -- Pemerintah Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Kesehatan setempat melakukan pemeriksaan pool tes Swab terhadap ribuan warga didaerah itu guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) dimasa tatanan baru atau new normal ini.

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis melalui Pelaksana tugas (Plt.) Dinas Kesehatan Pasaman, dr Rahadian Suryanta Lubis mengatakan pelaksanaan pemeriksaan pool tes swab ini untuk mengetahui jumlah insiden Covid-19.

"Pelaksanaan pemeriksaan pool tes Swab ini dilakukan secara random dengan kajian epidemiologi yang dihitung oleh pakar epidemiologi," terang dr Rahadian Suryanta Lubis, Rabu (11/6/2020).

dr. Rahadian Suryanta Lubis menyampaikan hasil perhitungan pakar epidemiologi dari 311 ribuan masyarakat Kabupaten Pasaman didapatlah sampel sebanyak 1.493 orang yang akan dilakukan pemeriksaan pool tes Swab.

"1.493 orang sampel ini tersebar 12 daerah Kecamatan dan 37 Nagari se-Pasaman," tambah dr Rahadian Suryanta Lubis.

Ia menyebutkan, pelaksanaan pemeriksaan pool tes Swab ini perdana dilakukan hari ini terhadap warga Kecamatan Simpati yang di tes di Puskesmas Simpati.

"Untuk Kecamatan Simpati ada 73 orang yang kita lakukan pemeriksaan pool tes Swab hari ini. Pemeriksaan pool tes swab ini akan terus berlanjut hingga semua sampel selesai diperiksa se Pasaman," katanya.

Adapun kriteria masyarakat yang dijadikan sampel pool tes Swab seperti bersedia diperiksa, dan warga yang mempunyai mobilisasi tinggi.

"Kemudian bagi warga yang berstatus Notifikasi tetapi tidak menjalankan isolasi mandiri. Selanjutnya berusia dari umur 20 tahun sampai 50 tahun serta kriteria lainnya," katanya.

Pelaksanaan pemeriksaan pool tes Swab ini pun kata dia tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada guna mengantisipasi infeksi Covid-19.

"Semua sampel pool tes Swab ini nantinya akan dikirim ke Laboratorium Unand Padang untuk mengetahui hasilnya. Sementara sumber dana pelaksanaan pool tes Swab  ini dari dana Belanja Tidak Terduga (BTT) Dinkes Pasaman," katanya.

Pihaknya juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan new normal ini. Agar sama-sama terhindar dari infeksi Covid-19.(Tim Humas Dinkes Psm/Eq)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre