Breaking News

Masjid di Tanah Datar Kembali di Buka Ini Syaratnya

Kab. Tanah Datar, Figurnews.com

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali membolehkan masjid untuk melaksanakan Shalat Berjamah terutama Shalata Jumat. Tercatat Sebanyak 323 masjid Jumat kemaren melaksanakan shalat Jumat.

Pemkab Tanah Datar mengeluarkan izin tersebut  sebagai salah saty upaya menyonsong Tatanan Baru Produktif dan Aman Covid-19 (new normal) di tengah pandemi Covid-19 yang berlangsung.

Kabag Kesra Tanah Datar Afrizon mengatakan,  shalat Jumat pada 5 Juni 2020 merupakan shalat Jumat perdana yang bertitik tolak berdasarkan rapat bersama forkopimda serta kabupaten/kota lain dalam vidcon yang dilakukan beberapa waktu lalu. Selain itu, keputusan tersebut  diambil dengan mengacu pada kasus penyebaran Covid 19 di Tanah Datar yang stagnan atau tidak ada penambahan kasus.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh jamaah masjid diantaranya, Menggunakan masker, membawa sajadah sendiri dan melakukan cek suhu tubuh sebelum masuk masjid. Bagi orang dalam kondisi sakit, seperti flu, batuk dan demam diminta untuk mengganti shalat Jumat mereka dengan shalat zuhur di rumah masing masing.

Pembatasan saf bagi jemaah juga dilakukan dengan penandaan sebagai upaya penerapan sosial distancing di dalam masjid.

Afrizon sampaikan, izin dibukanya mesjid untuk shalat jamaah dan Jumat juga merujuk pada Surat Edaran Kementrian Agama Nomor 15 tahun 2020 dan maklumat MUI nomor 06 Tanah Datar.

"Hari Senin besok pemerintah daerah direncanakan akan memberlakukan  new normal. Semua masjid telah dibolehkan melaksanakan shalat Jumat dengan melaksanakan ketentuan-ketentuan protokol kesehatan, untuk diminta masyarakat patuh dan disiplin dengan aturan yang sudah ada demi kebaikan bersama," ungkap Afrizon.

Afrizon menambahkan, masjid Nurul Amin Pagaruyung saat ini menjadi masjid percontohan pelaksanaan shalat Jumat dengan  penerapan protokol kesehatan covid 19. Sebelum pelaksanaan shalat Jumat, pengurus bersama pihak terkait juga terlebih dahulu melakukan penyemprotan desinfektan di lingkungan masjid.

Antisipasi penyebaran Covid 19 terhadap anak-anak, dalam himbaun itu, pemerintah juga melarang anak usia dibawah 13 tahun untuk ikut salat jumat. Kepada khatib juga diminta untuk menyampaikan khutbahnya dalam waktu yang singkat. (Hendri)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre