Breaking News

Kawasan Wisata Pantai Goisooinan, Peluang Usaha Bagi Masyarakat

Foto: Gapura Kawasan Wisata Pantai Desa Goisooinan

MENTAWAI. FN- Pemerintah Desa Goisooinan, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai buka peluang usaha bagi masyarakat warga setempat. Sarana dan Prasarana Kawasan wisata di pantai Goisooinan itu ditargetkan tahun 2021 selesai. 

Kawasan wisata pantai itu menawarkan tempat pemandian dan tenda tempat duduk untuk berkreaai dihari libur bagi para pengunjung.

Menurut Kepala Desa Goisooinan, Hasan Basri bahwa setelah pembangunan selesai, pihaknya mempersiapkan peraturan desa sebagai kekuatan untuk melakukan retribusi terhadap pengunjung sebagai pendapatan desa dan masyarakat setempat. 

Kedepan lanjutnya, Masyarakat dapat berjualan dan bekerja di kawasan wisata pantai goisooinan.

Desa Goisooinan terbagi 4 Dusun yakni, Dusun Goisooinan, Dusun Kalio, Dusun Nduru dan Dusun Pogari. Dengan Jumlah Penduduk 200 KK dan kurang lebih 1000 jiwa.

"Kita buat sarana dan prasarana ini untuk peluang usaha bagi masyarakat desa Goisooinan," ungkapnya kepada Wartawan. Minggu, (14/06/2020).

Ia menyebutkan sarana dan prasarana terbagi atas 4 item yakni, pembangunan Gapura, Jalan, Pakiran dan Sanitasi yang dapat di manfaatkan masyarakat setempat.

Maka melaui itu pihaknya berupaya menciptakan lapangan pekerjaan bagi Masyarakat setempat sebagai membrantas penganguran. 

Hasan Basri menyebutkan, Desa Goisooinan memiliki banyak objek Wisata yang belum tersentuh. Salah satunya, Air terjun di Pajujurung yang saat ini banyak dikunjungi pengunhung dari desa lain.

"Sebenarnya kita pihak desa sudah berpikir jauh sebelumnya untuk mengelola air terjun itu. Namun karena soal kepemilikan tanah jadi terkendala," ujarnya.

Dikatakannya, Pendapatan Masyarakat Desa Goisoinan hanya bersumber dari hasil pertanian dan kelautan. Jadi dengan kehadiran kawasan wisata ini menjadi peluang pendapatan baru bagi Masyarakat.

Namun saat ini pihaknya terus berupaya agar kawasan wisata desa Goisooinan dapat diperhatikan pemerintah kabupaten. Meskipun sebelumnya sudah ada usulan.

Ia berharap kepada Masyarakat setempat agar mendukung pembangunan wisata di wilayah tersebut. 

"Apa yang kita lakukan bukan serta merta untuk desa. Tetapi ini untuk Masyarakat di desa goisooinan," terangnya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre