Breaking News

Kadis DPM Pasaman Paksakan Pelaksanaan Pilwana Serentak Pasca Pandemi Covid 19



Pasaman, figurnews.com ---Belakangan hari yang lalu, pemberitaan tentang pelaksanaan Pilwana serentak ramai diberitakan, para calon wali nagari menuntut ke DPRD Pasaman bersama dengan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Pasaman agar Pemerintah Daerah segera melaksanakan Pilwana serentak.

Menurut Kadis DPM Pasaman Drs. Hasiolan tidak ada alasan Pemerintah Daerah untuk menunda nunda pelaksanaan Pilwana serentak yang semula direncanakan 29 Maret 2020 namun dikarenakan Pandemi global covid 19, Bupati Pasaman menerbitkan instruksi untuk menunda tahapan Pilwana pada tanggal 17 Maret 2020, Kemudian  Mendagri RI menegaskan penundaan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak dan pemilihan kepala desa antar waktu yang diaalamatkan kepada Bupati/Walikota di seluruh Indonesia melalui surat nomor :141/2677/SJ tanggal 24 Maret 2020.

Namun Hasiolan dihadapan Pimpinan dan Anggota DPRD Pasaman berpegang dengan Perda Nomor 1 Tahun 2016 Kabupaten Pasaman yang mengatur tentang Pemilihan Wali Nagari.

Sebelum Kadis menuju ke DPRD Pasaman, para awak media menjumpai di ruang kerjanya dengan melakukan konfirmasi terhadap adanya beberapa calon wali yang mendatangi kadis tersebut.

Pada saat itu awak media mempertanyakan jika dilaksanakan pilwana sesuai dengan konsep kepala dinas apakah tidak ada aturan yang akan dilanggar terutama aturan tentang pandemi covid 19. Dan juga mempertanyakan tentang surat yang diterbitkan oleh Menteri Dalam Negeri RI yang ditandatangani oleh Prof H Muhammad Tito Karnavian,Ph.D, tanggal 24 Maret 2020, anehnya Hasiolan malah menanyakan balik sama awak media seolah olah tidak tahu dengan surat itu. Seolah olah anggapan kadis awak media mengada ngada.

Drs Mara Ondak selaku Sekretaris Daerah saat dikonfirmasi mengatakan bahwa sesuai dengan usulan dari DPM mengenai kelanjutan pelaksanaan Pilwana pada tanggal 7 Juli 2020 selaku Sekda menyarankan agar dibahas dalam rapat bersama OPD terkait terlebih dahulu.

Rapat telah dilaksanakan pada hari selasa (16/06) yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah yang dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan kesra, Asisten Ekbang, Asisten Adm Umum, Staf Ahli Bid Pemerintahan, Inspektorat, Kepala Bappeda, Kaban Keuda, Kadinkes, Kadis Pol PP dan Damkar, Kakan Kesbangpol, Kabag Tapem, Kabag Hukum dan Kadis, sekretaris, kabid dan kasi di lingkungan DPM,ucap mara ondak

Pada rapat itu disimpulkan bahwa untuk pelaksanaan Pilwana dilaksanakan sebelum pelaksanaan penetapan calon Peserta Pilkada 2020, dan DPM agar menyiapkan administrasi secara matang. Hasil tersebut langsung dilaporkan kepada Bupati Pasaman, dan Bupati Pasaman telah menyetujui seluruh hasil rapat pada hari Kamis (18/06)

H Yusuf Lubis selaku Bupati Pasaman memerintahkan pelaksanaan sesuai dengan jadwal dan waktu yang direncanakan kemudian syarat dan ketentuan ketentuan berkaitan dengan covid 19 menjadi tugas dan tanggung jawab semua OPD.

Salah satu tokoh masyarakat yang enggan disebutkan namanya mengatakan tindakan yang dilakukan Hasiolan tidak sesuai dengan etika sebagai seorang aparatur negara jelas menentang apa yang diputuskan bersama dalam rapat dan apa yang sudah menjadi perintah dari atasan mulai dari Mendagri sampai ke Kepala Daerah.

Beliau menambahkan seorang Kepala Dinas harus tahu tentang ketatanegaraan contohnya Menteri Dalam Negeri RI memerintahkan untuk menunda pelaksanaan, apa bila kita akan melaksanakan tentu adanya surat pencabutan penundaan. Sebab Pemerintah Kabupaten Pasaman merupakan bagian dari NKRI.

Lebih jauh dijelaskannya apabila negara dalam situasi darurat Menteri Dalam Negeri RI mempunyai peran yang sangat penting dalam Negara, apalagi jika Presiden dan Wakil Presiden tidak ada yang akan memegang pemerintahan dinegara adalah Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Luar Negeri RI dan menteri Pertahanan dan Keamanan.

Beliau berpesan agar kedepannya Pemerintah Kabupaten Pasaman siapun pemimpinnya agar menyeleksi betul pejabat pejabat yang akan ditunjuk untuk menduduki jabatan, setidaknya harus mempunyai Pengetahuan, Keterampilan, Kemampuan dan utama sekali punya etika moral.(Eq)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre