Breaking News

Bupati Solok Minta Aparatur BPS Serius Laksanakan Zona Integritas

Arosuka, Figurnews.com

Bupati Solok,Gusmal minta BPS untuk melaksanakan zona integritas dengan sungguh-sungguh. Sehingga hasil yang dikeluarkan BPS baik berupahasil sensus penduduk, sensus ekonomi, data pengangguran dan tingkat kemiskinan benar benar valid dan bisa dipercaya.

Hal itu disampaikannya saat mengikuti vidcon pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) wiayah birokrasi bersih dan melayanai (WBBM) di lingkungan Badan Pusat Statistik Sumatera Barat, di Arosuka, Rabu (17/06/2020).

“ Zona integritas ini adalah gerakan awal dalam penerapan wilayah bebas korupsi dan birokrasi bersih melayani. Lantaran itu, orang yang bekerja di zona integritas, harus jujur dan melayani masyarakat. Bekerja sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Tidak boleh meyimpang dalam mengelola keuangan Negara. ”ujar Gusmal

Baca juga :

Pasa Ateh Bukittinggi Kembali Beroperasi, Setelah Diresmikan Secara Virtual Oleh Wamen PUPR

Dikatakannya, Melayani harus sesuai dengan peraturan yang telah ada dalam melaksanakan penerapan zona integritas. Banyak sekali aturan yang akan dikeluarkan. Secara structural aturan dikeluarkan dari pusat dan BPS Propinsi dalam rangka penyederhanaan penjelasan pelayanan kepada masayakat.

Aparatur BPS mulai saat ini dituntut untuk melakukan pendataan melalui sensus penduduk dengan mekanisme dan prosedur yang jelas, artinya tertulis dan di umumkan kepada masyrakat sesuai dengan aturan yang berlaku. Kita menjalankan peraturan dan melayani masyarakat sebaik-baiknya. Kalau ini dilakukan, barangkali wilayah bebas korupsi akan cepat terlaksana dan cepat bergerak.

Disamping itu, BPS dalam melayani masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan karena kita berada di zaman new normal. dalam rangka Penerapan zona integritas, BPS harus juga melaksanakan new normal dalam melayani masyarakat artinya semua pekerjaan harus sejalan.

Aparatur BPS harus bisa memahami bagaimana karakter, prilaku masyarakat kita keseluruhan. Kita lihat contoh, sensus yg kemaren banyak yang berulang, sampai tambah waktu, meskipun sekarang sudah mecapai target 91 persen dalam sensus penduduk. Artinya kita harus sejalan dalam melaksanakan pendataan.

Ditambahkannya, BPS sangat vital dalam penyediaan data untuk basis perencanaan pembangunan. Apabila data kita salah yang kita berikan pada statistik maka statistik akan mencatat salah, data dari dinas salah, data dari masyarakat salah maka BPS akan juga mencatat salah. Kalau data yang salah kita pergunakan, perencanaan juga akan salah.

Oleh karena itu saya sering mengatakan dan mengimbau antara Pemerintah daerah dan BPS harus sangat dekat, sangat inten sehingga semua data yang dikeluarkan BPS tepat waktu, tepat angka, tepat jumlah dan tidak berobah-robah.

“Saya berharap pada BPS untuk melaksanakan zona integritas ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga hasil yang dikeluarkan, apakah itu hasil sensus penduduk, apakah itu sensus ekonomi, pengangguran, tingkat kemiskinan tolong dilakukan dengan sebaik²nya sehingga benar² berada di zona integritas dan memberikan pelayanan sebaik²nya kepada masyarakat,”ujar Gusmal. (ayu)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre