Breaking News

27 Juni, KPU Pasbar Akan Verifikasi Faktual Dukungan Calon Independen Agus - Rommy

Pasaman Barat, Figurnews.com

Tahapan Pilkada Pasaman Barat dilanjutkan sejak 15 Juni 2020. Kini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat (PASBAR) tengah mempersiapkan diri untuk melakukan verifikasi faktual (Verfak) untuk calon perseorangan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati PASBAR 2020.

"Tahapan Verfak Calon Perseorangan akan dimulai tanggal 27 juni sampai dengan 10 juli 2020, dengan sistem sensus, "kata ketua  KPU Pasbar, Alharis, Minggu (21/6/2020).

Setelah dilakukan penundaan tahapan pemilihan kepala daerah pada akhir maret kemaren karena pencegahan pandemi Covid-19. Maka sekarang tahapan dilanjutkan kembali berdasarkan Perpu no 2 tahub 2020.

Ia mengatakan "Setelah keluar Perpu, maka KPU mengaktifkan Tahapan yg tertunda dengan keluarnya PKPU no 5 tahun 2020 Tentang Tahapan, Program dan Jawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020".

"Berdasarkan PKPU no 5 tahun 2020 maka tahapan yg sangat segera dilaksanakan adalah salah satunya verfak" jelasnya.

Alharis menambahkan Verfak dilakukan oleh rekan-rekan PPS,  dan boleh merekrut tenaga tambahan oleh PPS dengan syarat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Verfak calon Perseorangan yang akan dilakukan ini untuk bakal Calon dan Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat, Guberbur dan wakil Gubernur  Sumatera Barat" katanya

"Dalam verifikasi faktual nanti , tetap mengikuti protokol kesehatan dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD). Jadi, sebelum bekerja, harus dibekali dengan APD yang lengkap,”katanya.

Usai verifikasi faktual akan ada rekap berjenjang dan selanjutnya masa perbaikan dukungan calon persorangan.

“Jika masa perbaikan tidak memenuhi syarat. Maka mereka (Calon Perseorangan) tidak bisa lolos dan tidak bisa mendaftarkan diri sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati,”katanya. 

“Kalau syarat dukungan sesuai syarat minimal, baru bisa mendaftarkan diri ke KPUnantinya,”sebutnya.

“Sebanyak 21.314 syarat dukungan dukungan KTP itu akan didatangi petugas KPU satu persatu, untuk memastikan dukungan kepada calon tersebut dengan surat pernyataan dukungan,”katanya.

Pada Pilkada bupati - wakil Bupati Pasaman Barat hanya satu pasangan calon perseorangan (Independen) yang akan  diverifikasi syarat dukungan, yaitu Bakal Calon  Bupati H.AGUS SUSANTO, SH.MH dan  Bakal Calon Wakil Bupati H. Rommy Candra.

Bakal Calon Bupati Pasaman Barat Agus Susanto saat dihubungi mengatakan "Kita menunggu keputusan dan tahapan  KPU. Verifikasi faktual akan didampingi dari Tim Independen, tim Agus-Romi akan  mendampingi petugas PPS yang akan memverifikasi faktual di lapangan". Katanya.

Sementara Ahmad Atopotan,S.Ag Liaison officer ( LO), mengatakan dari kordinasi kita dengan KPU Pasbar sudah melakukan bimtek terhadap petugas verfak, maka verfak akan dilaksanakan pada tanggal 27 juni 2020,".

"Kemudian mengenai pendamping kita sudah menyiapkan pendamping per nagari yang akan verfak dukungan Agus Susanto - Rommy Candra,".jelasnya.

"Dalam hal ini kita menyiapkan 10 pendamping yang sudah di beri mandat untuk mendampingi petugas nanti di lapangan. Pendamping ini tugasnya untuk menyelesaikan permasalahan bila ada di temukan masalah di lapangan. Maka orang pertama yang akan di hubungi petugas verfak ini nantinya adalah pendamping,". pungkas Atopotan.

(Dodi ifanda)

Tidak ada komentar

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre