Breaking News

Update Terbaru Covid-19 Mentawai: Satu Sembuh, Satu Positif Covid-19

Foto: Konfrensi Pers Update Terbaru Kasus Covid-19

MENTAWAI. FN- Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai merilis data terbaru Pasien Sembuh dan Pasien Positif Covid-19 pada Rabu, 20 April 2020. 

Pasien Sembuh Covid-19 kedua, 793i asal Sagitsi, Desa Nem-nem Leleu, Kecamatan Sipora Selatan itu merupakan Pasien Positif kedua pada 24 April 2020 lalu, melalui hasil tes Swab kedua PDRPI Universitas Andalas (Unand) Padang. 

“Adek kita ini termasuk relatif cepat atau menjalani perawatan selama 32 hari telah selesai,” ungkap Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet saat Konfrensi Pers di Aula Sekretariat Daerah Mentawai kepada Wartawan. Rabu, (20/05/2020). 

Dikatakan Yudas bahwa semakin banyak ditemukannya Pasien Positif Covid-19 disuatu daerah berarti Tim Gugus Tugas Penangangan dan Pencegahan Covid-19 bekerja dengan baik. Hal itu dapat dilihat dengan akulasi adanya yang masuk dan adanya keluar. 

Yudas menghimbau Masyarakat agar tidak takut apabila diperiksa melalui pemeriksaan Swab Laboratorium Diagnostik Penyakit Infeksi Fakultas Unand Padang. Hal itu bertujuan untuk membuktikan positif atau negatifnya Masyarakat agar tidak membahayakan bagi keluarga dan masyarakat lain. 

“Apabila takut diperiksa itu akan mengakibatkan 2 hal baik yaitu bagi dia dan orang lain. Kita tidak tahu dia terinfeksi Covid-19 tentu itu membahayakan bagi orang lain. Karena dia dapat menularkan virus itu,” terang Yudas. 

Ditempat yang sama, Juru Bicara Penanganan Penyebaran Covid-19, Lahmuddin Siregar mengatakan, Sembuhnya pasien itu telah dilakukan 6 kali Swab tes. Sebelumnya, pada 8 hingga 11 Mei 2020 telah dilakukan Swab tes berturut-turut dan hasilnya Negatif Covid-19. Sesui Protokol Kesehatan Pasien Sembuh Covid-19 itu apabila telah melakukan Swab test 2 kali berturut Negatif Covid-19. 

Dikatakan Lahmuddin saat ini Pasien berada di Puskesmas Sioban, Kecamatan Sipora Selatan setelah dinyatakan sembuh menjalani Isolasi di RSUD Mentawai. Hal dilakukan hingga menunggu hasil Klaster 14 orang di Desa Nemnem Leleu. Pasien dipulangkan hingga hasil Klaster 14 orang itu keluar. 

“Hari ini ada penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 satu orang Warga Desa Sipora Jaya, 107i laki-laki usia 25 tahun,” Ucapnya.

Pasien Positif Covid-19 keenam itu merupakan PPT pada 04 Mei 2020. Kemudian pada 12 Mei 2020 pihaknya melakukan Rapid tes dengan hasil Reaktif. Selanjutnya dilakukan Pemeriksaan swab tes Laboraturium Diagnostik Penyakit Infeksi Fakultas Unand pada Rabu, 20 Mei 2020 hasilnya Positif Covid-19. 

Maka dari Update Gugus Tugas Covid-19 Mentawai pada Rabu, 20 Mei 2020 diketahui, 2 total Pasien Sembuh yakni, Pertama, Asal Pogari, Desa Goisooinan, Kecamatan Sipora Utara dan kedua, Asal Sagitsi, Desa Nemnem Leleu, Kecamatan Sipora Selatan. 

Selanjutnya, 4 Orang Pasien Positif Covid-19 yaitu Pasien Ketiga asal Pogari, Desa Goisooina, Kecamatan Sipora Utara. Pasien keempat asal Sao, Desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan. Pasien Kelima asal Km-01, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara. Kemudian Pasien Keenam asal Km-09, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara. 

Dengan dinyatakan 4 Orang Pasien Positif Covid-19 Ini atau 6 Orang Terkonfirmasi Covid-19 di Pulau Sipora, Maka Pulau Sipora dinyatakan Zona Merah. Sementara itu Pulau Siberut dan Pulau Pagai utara dan selatan dinyatakan Zona Hijau. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre