Breaking News

Ungkapan Dandim 0319 Mentawai di Masa Pandemi Covid-19 "Kediaman Dirumah"

Foto: Dandim 0319 Mentawai, Letkol Czi. Mardyanto saat memberikan arahan terhadap Personel Kodim 0319 Mentawai

MENTAWAI. FN- Komandan Kodim 0319 Mentawai, Letkol Czi Mardyanto menyebutkan sebuah ungkapan 'Kediaman Dirumah' di masa Pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) artinya Rumah bukan secara fisik namun rumah di dalam Spritual. Hal itu dapat ditemukan didalam hati seseorang.

“Melalui itu terpancar sifat-sifat Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga kita dapat berdialog dan Intropeksi diri kita. Maka ketemulah apa yang menjadi keinginan kita saat bertugas. Sehingga kita tau apa yang kita alami dan harus kita lakukan,” ungkapnya kepada Wartawan saat membagikan bingkisan lebaran kepada Insan Pers di Makodim 0319 Mentawai. Selasa, (19/05/2020).

Maka melalui itu dikatakan Letkol Czi Mardyanto bahwa, Masyarakat dapat merasakan kedamaian dan kewaspadaan dalam menghadapi Pandemi Covid-19 ini. 

“Disitu kita lebih peka, artinya kita lebih waspada karena sekecil apapun yang ada pada diri, kita dapat merasakan apalagi sesuatu yang membahayakan bagi diri,” ujarnya.   

Kemudian hikmah dibalik diam dirumah saat Pandemi Covid-19 Masyarakat dapat kembali kepada fitrah.

Sebenarnya ini adalah pesan Tuhan Yang Maha Kuasa. Melalui Covid-19 timbul dalam diri untuk kembali ke fitrah di berbagai ragam kondisi wilayah. Khususnya di kabupaten kepulauan Mentawai.

Maka lanjut Letkol Czi Mardyanto dengan kejadian dan peristiwa Masyarakat dapat mengambil hikmah baik secara tiba-tiba di dalam diri. Dengan berdiam Masyarakat mampu menangkap hikmah tersebut.

Saat itu Masyarakat dapat merenungi dan berpikir untuk melangkah kedepan lebih baik.  Bukan diam bertanda Masyarakat tidak produktif. Tetapi diam dengan nilai-nilai spritual yang kuat. Dan tetap produktif dengan menyesuikan situasi dan kondisi.

Dikatakannya, banyak waktu dapat dimanfaatkan untuk menjalani hikmah tersebut. Salah satunya menjalani ibadah dirumah masing-masing. 

Singkatnya, kata Dandim 0319 Mentawai dengan berdiam menjadi tempat intropeksi diri. Hal itu dapat dilakukan dengan berdiam dan lalu bertanya kepada diri sejauh mana perbuatan baik telah dilakukan dengan sesama manusia. 

“Melalui koreksi dan intropeksi diri mampu mendorong dan memunculkan pemikiran serta ide-ide yang bermanfaat bagi orang banyak,” ujarnya.

Lekol Czi Mardyanto mengatakan, kehadiran Covid-19 menjadi New Normal atau Gaya hidup baru dimana sejalan dan seiring dengan protokol kesehatan seperti memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre