Breaking News

Sipora Zona Merah Covid-19, Pemkab Mentawai: Shalat Idul Fitri 2020 di Rumah

Foto Google. Shalat Idul Fitri 

MENTAWAI. FN- Surat Keputusan Bersama (SKB) Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai menyepakati melaksanakan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah/ 2020 Masehi dirumah pada Minggu, 24 Mei 2020 mendatang. 

Menurut Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet bahwa melalui kesepakatan bersama Forkopimda dengan tokoh lintas agama dan pengurus Mesjid dengan beberapa pertimbangan bersama aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimasa Pandemi Covid-19. 

Maka Shalat Id di dua Kecamatan di pulau Sipora sebagai Zona Merah Covid-19 dilaksanakan dirumah. Namun untuk zona hijau di Pulau Siberut dan Pagai utara serta selatan diperbolehkan berjemaah.

Yudas mengatakan, SKB itu diambil melalui pertimbangan tiga unsur yakni unsur Agama, Sosial dan Kesehatan selama PSBB. 

“Berdasarkan surat edaran bapak gubernur itu pada prinsipnya, bagaimana kita menaati aturan-aturan berlaku dengan konteks karakteristik lokal. Dan mempedomani Surat Edaran Majelis Ulama Indonesia maka kita sepakati,” ungkap Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet pada Konfrensi Pers kedua di Aula Sekretariat Daerah Mentawai. Rabu, (20/05/2020). 

Prinsipnya kita tidak membatasi soal Idul Fitri 1441 Hijriah dan Takbiran tetapi dilaksanakan dirumah saja, tambahnya.

Diterangkan Yudas, Aturan ini hanya berlaku bagi wilayah Pulau Sipora sebagai Zona Merah. Namun untuk Pulau Siberut dan Pulau Pagai Selatan diperbolehkan. Namun sesui dengan protkol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 ini. 

Melalui Surat MUI, Yudas Sabaggalet menyampaikan beberapa peraturan yakni pertama, Shalat Idul Fitri dilaksanakan dirumah masing-mmasing. Kedua, Pengurus Mesjid dipersilahkan mengumandangkan azan sebagai tanda masuknya Shalat.

Ketiga, Wilayah pulau Sipora merupakan Zona Merah. Keempat, untuk wilayah diluar pulau Sipora (Zona Hijau) dapat melaksanakan Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjemaah dengan mempedomani Surat Peraturan Gubernur nomor 360/17/COVID-19/STR/V/2020 Perihal: Berjemaah di Mesjid dalam kondisi wabah Covid-19 pada 13 Mei 2020. Serta Maklumat MUI nomor 007. 

Selanjutnya keempat, pengawasan kesepakatan bersama ini akan diawasi oleh pengurus Mesjid, Polri/TNI dan Satpol PP. Kelima, Kesepakatan ini juga berlaku dirumah Ibadah Umat Agama Kristen dalam melaksanakan ibadah di Gereja. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre