Breaking News

Seorang PDP COVID-19 Asal Kabupaten Pasaman Barat Wafat di RSUP M Djamil

Pasaman Barat, Figurnews.com

Innalilahi wainnalillahirojiun kabar duka
Seorang warga Rimbo Canduang Pasaman Barat inisial N (73) meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat .M Djamil Padang pada Senin Malam (8/4/2020). Sebelumnya Pasien PDP yang punya  riwayat penyakit jantung tersebut rawat jalan RS di Pasbar.

Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat, Propinsi Sumatera Barat menyatakan seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 berinisial N (73), berjenis kelamin perempuan asal Kabupaten Pasaman Barat meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Senin (18/5) malam.

"Benar, pasien meninggal dunia pada Senin malam. Direncanakan dimakamkan di Rimbo Candung, Kecamatan Pasaman Pasaman Barat pada Selasa (19/5) pagi ini," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Ibu Kota Kabupaten Pasaman Barat, Selasa.

Gina mengatakan pihaknya masih mencari informasi terkait hasil tes swab pasien dari Laboratorium Universitas Andalas (Unand) Padang. Sebab pasien masuk RSUP M Djamil Padang dengan riwayat penyakit penumpukam cairan di paru-parunya.

"Penetapan pasien sebagai PDP saat di RSUP M Djamil. Tentu kita berharap hasil swab keluar sehingga jelas apakah pasien meninggal ada hubungan dengan COVID-19 atau hanya karena penyakit bawaannya," katanya.

Meskipun hasil swab almarhumah belum diketahui, sesuai arahan RSUP M Djamil maka pihaknya akan melakukan pemakaman dengan protokoler COVID-19 Selasa pagi.

"Status pasien dari RSUPM Djamil adalah PDP maka proses pemakaman dilakukan dengan protokoler COVID-19," katanya.

Ia menjelaskan almarhumah diketahui sebelumnya sudah bolak balik masuk Rumah Sakit Yarsi Simpang Empat dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jambak dan tidak dicurigai sebagai penyakit COVID-19.

Almarhumah pada 13 Mei 2020 sempat menjalani operasi tumor dan pada 15 Mei di rujuk pihak RSUD Jambak Pasaman Barat ke RSUP. M Djamil Padang.

"Dengan riwayat penyakit itu maka kita ingin mengetahui dengan cepat hasil swabnya sehingga jelas langkah yang akan ditempuh ke depannya. Almarhumah juga diketahui punya riwayat penyakit jantung," katanya.

Diharapkan hasil swabtidak terpapar COVID-19 sehingga tidak perlu dilakukan penelusuran terhadap riwayat kontak almarhumah, tutup Gina Alecia.

Sampai berita ini dilangsir belum diketahui pasien apakah terinfeksi Covid-19 atau bukan, tetap tunggu hasil laporan Swab.

Hingga hari Senin tanggal 18 Mei 2020 jam 15:00 wib  Up Date data terkait Covid-19 di wilayah Kab. Pasaman Barat:

Tidak ada penambahan 1 org ODP dari pelaku perjalanan.Tidak ada penambahan orang PDP, OTG maupun kasus Positif.

1. Total Kumulatif ODP (Orang Dalam Pemantauan) : 253 Orang
Keterangan: 246 orang sudah selesai pemantauan dan 7 orang masih dalam pemantauan;

2. Total kumulatif PDP (Pasien Dalam Pengawasan) : 11 org
Hasil swab : 10 org negatif
Sehat : 8 orang
Meninggal : 2 org
Isolasi mandiri : 1 orang (menunggu pemeriksaan ulangan)

3. Total Pelaku Perjalanan  : 25.295 Orang.

4. Total Kumulatif OTG (Orang Tanpa Gejala) : 44 orang
Keterangan:
16 org Negatif
28 org kontak dg alm .M (diswab 14 org hasil negatif)

5. Positif : 0

6. Negatif : 1 orang

7. Sumber : Posko Covid-19 Dinas Kesehatan Kab Pasaman Barat, Jubir, dr. Gina Alecia, M.Kes

*#JagaJarak*
*#PakaiMasker*
*#TetapDirumah*
*#JanganMudik*
*(Media Center Covid-19)*

(Dodi Ifanda)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre