Breaking News

Satu Relawan Gugus Depan Sumbar Asal Pasaman Barat Positif Covid-19

Simpang Empat, Figurnews.com

Satu orang tanpa Gejala (OTG) inisial H (28) warga Nagari Aur Kuning, Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Propinsi Sumatera Barat  ditetapkan Positif  terinfeksi Virus Corona (Covid-19) setelah dilakukan uji Swab oleh Laboratorium Unand Padang.

Benar, pasien merupakan warga Pasaman Barat yang hasil swabnya dari Laboratorium Unand positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 Pasaman Barat Gina Alecia di Simpang Empat, Kamis.


Pria “H”p merupakan warga Kecamatan Pasaman yang direkrut menjadi relawan Gugus Tugas Covid-19 Sumbar sejak 9 April 2020 dan bekerja di lokasi isolasi Diklat Kemendagri Baso.

Sebelumnya pasien berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) setelah teman sekamarnya dinyatakan positif. Namun setelah hasil swab keluar hasilnya positif.

Ia menjelaskan pasien mulai bekerja di lokasi karantina untuk pelaku perjalanan di Kota Payakumbuh pada 10 April 2020.

Kemudian sejak 4 Mei 2020 pasien bekerja di lokasi karantina Pusat Pengembangan SDM Kemendagri, Regional Bukittinggi, Baso, Kabupaten Agam.

"Selama ini pasien belum pernah pulang ke Pasaman Barat. Saat ini pasien di isolasi di BLPP Bandar Buat Padang," ujarnya.

Meskipun tidak pernah pulang, tim gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat tetap melakukan tracking atau melacak riwayat kontak pasin dengan masyarakat Pasaman Barat untuk mencegah penyebaran di Pasaman Barat.

Ia menambahkan hingga Kamis (21/5) total Kumulatif Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 258 orang dengan keterangan 251 orang sudah selesai pemantauan dan tujuh orang masih dalam pemantauan.

Kemudian total kumulatif Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 12 orang dengan hasil swab 12 orang negatif, sehatsembilan orang dan tiga diantaranya meninggal.

Untuk total kumulatif Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 44 orang dengan keterangan 16 orang negatif, 28 orang kontak dengan almrhim M (diswab 14 orang hasil negatif).

"Pasien positif satu orang dengan total pelaku perjalanan hingga saat ini mencapai 26.080 orang," sebutnya.

Ia mengharapkan kepada warga agar tetap ikuti aturan pemerintah dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) demi keselamatan bersama.

"Mari rajin cuci tangan dengan sabun , selalu memakai masker, jaga jarak dan jangan mudik. Semoga kita semua dapat terhindar dari COVID-19," tutupnya.


Sebelum dinyatakan positif, H merupakan relawan yang direkrut oleh Gugus Tugas Provinsi Sumatera Barat untuk bekerja di tempat isolasi Covid-19 milik Pemprov. Sumbar.

Berikut Tracking atau Riwayat perjalanan yang bersangkutan antara lain:
Pada tanggal 9 April 2020 yang bersangkutan berangkat dari Pasaman Barat ke Kota Payakumbuh dan pada 10 April 2020. H mulai bekerja di Karantina Payakumbuh (Lokasi Karantina Pelaku Perjalanan).

Tanggal 4 Mei 2020, yang bersangkutan bekerja di lokasi karantina  Pusat Pengembangan SDM Regional Bukittinggi, Baso, Kabupaten Agam,  hingga dilaksanakan swab karena teman sekamarnya positif.

Saat ini H diisolasi di Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) Bandar Buat, Kota Padang.
Selama bekerja sebagai relawan Gugus Tugas Covid-19 Prov. Sumbar, yang bersangkutan belum pernah pulang ke Pasaman Barat.


(Dodi Ifanda)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre