Breaking News

Satlantas Polres Pasbar Edukasi Sopir Tentang Etika Berlalulintas

"Sebanyak 400 pengemudi dibantu 600 Ribu/perbulan selama tiga bulan berturut-turut"

Pasaman Barat, Figurnews.com

Melalui program Peduli Keselamatan 2020, Polres Pasaman Barat yang bekerja sama dengan Bank BRI,  20 April 2020 telah melaksanakan kegiatan edukasi etika berlalulintas dan keselamatan di jalan di Aula Mako Polres Pasaman Barat.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Ferry Herlambang pada Launching pada Senin 20 April lalu menuturkan " Program Polri Peduli Keselamatan merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada seluruh pengemudi di Indonesia berupa pemberian insentif dan pelatihan bagi para pengemudi yang terdampak wabah Covid19,” ucapnya.

Jajaran Satlantas Polres Pasaman Barat (Pasbar) yang dipimpin langsung Kasat Lantas, AKP Andri Nugroho, SE. S.I.K mengundang warga Pasaman Barat  yang berprofesi sebagai sopir truck, sopir travel dan sopir angkutan lainya, untuk diberikan edukasi tentang etika berlalulintas dan keselamatan di jalan.

Metode Pelatihan setiap satu kali kegiatan pelatihan dihadiri maksimal 20 Pengemudi dengan metode Tatap Muka mengutamakan Pysical Distancing.

Pelatihan edukasi  dilaksanakan dari tanggal 20 april 2020 Sampai tanggal 30 april 2020 jumlah kegiatan pelatihan sebanyak 20 kali kegiatan, jadi total pengemudi yg dapat pelatihan dan bantuan samapai tanggal 30 april sebanyak 400 pengemudi di kabupaten Pasaman Barat.

Para Pengemudi tersebut diberikan materi tentang etika berlalu lintas oleh Ipda Dwi Rahmat Hadiyanto serta materi  Safety Driving & Safety Riding yang disampaikan oleh  Ipda Ralim. Dalam kesempatan itu juga diberikan pengetahuan tentang kesehatan serta pencegahan penyebaran pandemi covid-19 yang saat ini sedang merebak oleh Iptu Adrial.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberian buku tabungan beserta ATM BRI kepada para sopir, sebelum dibagikan kepada Sopir dari pihak bank BRI juga menyampaikan hal-hal mengenai penggunaan buku tabungan/ ATM, pelayanan di Bank BRI. Kegiatan Program Peduli Keselamatan 2020 bertujuan untuk meringankan beban dan dapat membantu perekonomian mereka saat situasi Pandemi Virus Corona.

"Para pengemudi  ini masing-masing akan menerima bantuan melalui rekening bank BRI sebesar Rp. 600.000,- atas nama masing-masing setiap bulanya selama tiga bulan ke depan, April,Mei dan Bulan Juni 2020" ujar Kasatlantas Polres Pasbar di Simpang Empat (18/5/2020).

Program peduli keselamatan 2020 ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah, Polri serta Bank BRI dan diharapkan program ini dapat bermanfaat serta membantu menyejahterahkan kehidupan sopir saat situasi pandemi seperti sekarang ini, pungkasnya

Sekilas Program Keselamatan 2020 merupakan kombinasi bantuan sosial dengan pelatihan guna meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pengemudi dalam dalam berlalu lintas. Perilaku berlalu lintas yang berkeselamatan dan sopan santun pengemudi untuk mewujudkan kenyamanan penumpang

Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pemenuhan kebutuhan pokok dan kebutuhan rumah tangga bagi penduduk yang terganggu mata pencahariannya akibat terdampak Covid-19.

Prinsip dan Mekanisme dari pelaksanaan program ini adalah melaksanakan program keselamatan. Program Ini seperti program kartu pra kerja yang disebut program keselamatan. Program ini adalah suatu kegiatan yang mengkombinasikan bantuan sosial dan pelatihan. Target dari program ini adalah 197.256 pengemudi taksi, sopir bus  truk dan kernet yang akan diberikan insentif 600 ribu per bulan selama 3 bulan yang telah mengikuti program pelatihan yang diberikan oleh Polri.

kegiatan pelatihan dan penyaluran insentif ini dilakukan di 34 Provinsi Seluruh Indonesia, dan disalurkan melalui Korlantas atau Polda atau Polres masing- masing.

Pola Pelaksanaannya dengan metode E-learning video conference menggunakan aplikasi Zoom meeting dan pemutaran video training dan bisa dengan Pertemuan terbatas. Dengan mengutamakan physical distancing.

*Dodi Ifanda

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre