Breaking News

PemDes Panca Tunggal Salurkan BLT Dana Desa kepada 84 Warga Terdampak Covid-19

PANCA TUNGGAL MUBA , FIGURNEWS.COM -- Pemerintahan Desa Panca Tunggal di dampingi Sekcam Sungai Lilin, Babinsa dan Kepolisian, Satpol PP , Perangkat Desa  serta dari Diknas  Kesehatan Setempat Minggu (17/5/2020),  menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) yang dananya bersumber dari Dana Desa (DD) kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Bantuan BLT yang baru hari ke dua disalurkan di Kecamatan Sungai Lilin yakni Desa Panca Tunggal, dengan jumlah pemamfaat 84 kepala keluarga (KK) penerima BLT untuk bulan April sebesar Rp 600 ribu.


Camat Sungai Lilin Emilya Afrianita SSTP MSi, yang di wakili Sekcam Affandi Sarikat SH,MSi Minggu (17/5/2020) membenarkan, penyaluran BLT Dana Desa di Kecamatan Sungai Lilin  yang kedua  melaksanakan adalah Desa Panca Tunggal dengan jumlah penerima sejumlah 84 penerima.

Setelah sebelumnya, dilakukan pendataan dan verifikasi, serta ditetapkan melalui Musyawarah Desa, maka proses pencairan sudah dapat dilaksanakan.

“Jumlah keluarga penerima manfaat BLT dari refocusing Dana Desa, khusus Desa Panca Tunggal disalurkan 84 KK, dalam bentuk tunai sebesar Rp 600.000 (BLT Bulan April, red). BLT diberikan selama tiga bulan kedepan (April, Mei, Juni),’’ ujarnya.

Affandi berharap bagi desa di Kecamatan Sungai Lilin yang sedang melakukan verifikasi data warga penerima BLT DD untuk dapat segera mungkin menyalurkannya.

Sebab, pencairan BLT untuk Desa panca Tunggal dilakukan langsung oleh Kepala Desa panca Tunggal turut disaksikan oleh Camat, Forkopimcam dan perangkat desa.

Sementara itu, Kepala Desa Eko Supriyadi,SH, mengatakan BLT DD tahap I Desa Panca Tunggal adalah bantuan yang diberikan oleh Pemerintah melalui APBDes untuk warga terdampak Covid-19, sesuai dengan kritetia berdasarkan surat penegasan dari Dirjen PMD, Kementerian Desa.

‘’Kita berharap BLT sebesar Rp600 ribu untuk bulan April sebelum Lebaran Idul Fitri 1441 H, sudah disalurkan kepada seluruh keluarga penerima pemamfaat BLT di desa  panca Tunggal,” kata Eko

Terang Eko, Untuk penyaluran Bantuan BLT DD untuk bulan Mei dan Juni akan dilakukan dengan  seperti sekarang ini, hal itu dilakukan dengan pertimbangan keamanan bagi masyarakat.

“Sehingga dengan Transfer rekening ini lebih efektif dan efisien. Untuk data warga penerima bantuan ini juga sudah kami buat daftarnya di baleho, penerima bantuan ini sudah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” jelas Eko

Dengan telah disalurkannya BLT tunai tersebut, Eko berharap dapat dimanfaatkan oleh keluarga penerima manfaat dengan sebaik-baiknya ditengah Covid-19, apalagi di jelang Hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari," tutupnya.(Sdr)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre