Breaking News

Pelaksanaan Shalat Id di Luar Pulau Sipora Ikuti Protokol Kesehatan

Foto: Konfrensi Pers di Aula Sekretariat Daerah Mentawai

MENTAWAI. FN- Sesui Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 14 Tahun 2020 tentang penyelenggaraan Ibadah Shalat Idul Fitri dalam situasi wabah Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) bahwa di Zona Hijau atau di luar pulau Sipora diperbolehkan melaksanakan Shalat Id di Mesjid dan lapangan dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Melalui Surat Edaran Bupati Nomor 360/289/BUP-2020 tentang pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1441 Hijriah atau Tahun 2020 Masehi dan Surat Peraturan Gubernur Nomor 360/17/COVID-19/STR/V/2020 Tentang Pelaksanaan Shalat berjemaah di Mesjid dalam situasi Wabah Covid-19 pada 13 Mei 2020 serta Maklumat MUI Nomor 007. 

Adapun isi Surat Edaran Bupati Mentawai sebagai berikut, Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Forkopimda, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kepulauan Mentawai, perwakilan pengurus mesjid, dan perwakilan tokoh agama Kristen dan Katolik pada tanggal 20 Mei 2020 bertempat di Aula Kantor Bupati Kepulauan Mentawai. 

Menghasilkan kesepakatan bersama dalam hal pelaksanaan Ibadah Shalat Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Berkenaan hal di atas, bersama ini disampaikan kepada seluruh Pengurus Mesjid/Mushalla yang ada di Kabupaten Kepulauan Mentawai hasil kesepakatan dimaksud sebagai berikut:

a. Data penyebaran kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Mentawai menunjukkan bahwa wilayah Kecamatan Sipora Utara dan wilayah Kecamatan Sipora Selatan merupakan wilayah yang termasuk dalam kategori mewabah Covid-19.

b. Berkenaan hal di atas, maka Ibadah Shalat Idul Fitri 1441 H dilaksanakan di rumah masing-masing, terutama di wilayah Kecamatan Sipora Utara dan Kecamatan Sipora Selatan.

c. Tidak melakukan Pawai Takbiran di seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Takbiran cukup dilakukan di Masjid/Mushalla oleh Pengurus Mesjid/Mushalla dengan menggunakan alat pengeras suara.

d. Halal bi Halal dan silaturrahim pada Hari Raya Idul Fitri dapat dilaksanakan melalui media sosial atau media telekomunikasi lainnya.

e. Ibadah Shalat Idul Fitri 1441 H di luar wilayah Sipora Utara dan Sipora Selatan  dapat dilaksanakan di Mesjid/lapangan terbuka dengan ketentuan sebagai berikut:

1. pengurus mesjid atau panitia pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri memberitahukan dan meminta izin kepada Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 tingkat Kecamatan.

2. hanya dihadiri oleh jemaah tetap (tidak ada yang datang dari luar jemaah mesjid yang bersangkutan) dan dalam kondisi sehat (tidak batuk/pilek/demam/sesak nafas) dan tidak memiliki riwayat penyakit  kronis, seperti hypertensi, diabetes/penyakit jantung/paru, dan/atau penyakit kronis lain.

3. jemaah tidak termasuk dalam kategori pelaku perjalanan dari daerah terjangkit dalam kurung waktu kurang dari 14 (empat belas) sebelum Hari Raya Idul Fitri.

4. pengurus mesjid/panitia penyelenggara wajib menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di setiap pintu masuk.

5. setiap jemaah dan pengurus wajib menggunakan masker.

6. jemaah wajib membawa sejadah/tikar masing-masing dari rumah, pengurus/panitia tidak membentangkan sejadah/tikar untuk jemaah.

7. mengatur jarak antar jemaah paling kurang 1 (satu) meter.

8. jemaah berwudhu terlebih dahulu dari rumah masing-masing.
9. jemaah tidak saling bersalaman.

10. jemaah tidak boleh berkerumun, termasuk pada saat masuk atau keluar mesjid (wajib antri dan menjaga jarak).

11. Pengurus Mesjid/Panitia wajib melakukan pengawasan dan penertiban jemaah untuk mematuhi protokol pencegahan penularan Covid-19 ini.

12. Pengurus Mesjid/Panitia membuat pernyataan di atas materai 6000 bahwa seluruh ketentuan pelaksanaan ibadah Shalat Idul Fitri di Mesjid atau lapangan terbuka akan dipatuhi dan apabila melanggar, maka pihak keamanan dapat melakukan penertiban sesuai ketentuan pembatasan Kegiatan Keagamaan di masa PSBB di Sumatera Barat.

f. Pengurus Mesjid wajib membentuk tim khusus untuk melakukan pengawasan atas pelaksanaan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 sebagaimana dimaksud pada huruf e.

g. Pengawasan atas pelaksanaan ketentuan Surat Edaran ini dilaksanakan oleh Pengurus Mesjid, Satpol PP, dan Polri serta didukung oleh TNI. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre