Breaking News

Menanam Dengan Memanfaatkan Lahan Tidur Sebagai Antisipasi Kelangkaan Pangan Di Tengah Pandemi Covid-19

Kualu Nenas(Riau),FN - Guna menjaga ketahanan pangan, Pemda Kampar laksanakan Gerakan Menanam Untuk Penyediaan Pangan Daerah Kabupaten Kampar. Masyarakat diharapkan untuk memanfaatkan lahan tidur untuk menanam tanaman pangan sebagai antisipasi di tengan serangan pandemi Covid-19.

Bupati Kabupaten Kampar, H. Catur Sigeng Susanto, SH didampingi Ketua DPRD Kabupaten Kampar, Muhammad Faisal, ST, Sekda, Drs. Yusri, M. Si, Kadis Pertanian TPA Kampar, Ir. Bustan dan para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kampar menhadiri kegiatan Gerakan Menanam Untuk Penyediaan Pangan Daerah, (16/05/20) di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tapung.

Catur Sugeng mengatakan, gerakan menaman merupakan suatu upaya untuk menjaga kestabilan pangan Kabupaten Kampar.  Catur juga mengajak seluruh stakeholder pembangunan daerah dan seluruh elemen masyarakat Kampar untuk memberikan andil dalam menjaga kelangkaan pangan di Daerah Kampar.

Catur mengatakan, di tengah serangan pandemi covid-19 saat ini, kita tidak bisa memprediksi bagaimana kondisi di hari esok, oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri jika hal yang tidak kita inginkan, seperti kelangkaan pangan terjadi, ungkap Catur Sugeng.

Catur Sugeng mengajak agar seluruh desa yang memiliki lahan tidur milik desa, atau masyarakat memiliki lahan tidur, agar segera memanfaatkan lahan tidur tersebut untuk menanam tanaman pangan yang bisa kita kosumsi sebagai makanan pokok sehari-hari. Seperti tanaman jagung yang bisa kita jadikan sebagai makanan pokok sehari-hari.

Menurut pantauan wartawan, Catur Sugeng melakukan penanaman perdana bibit jagung jenis Bisi 2 di atas lahan milik Pemda Kampar samping SPN Desa Kualu Nenas Kecamatan Tapung. Saat penanaman perdana tersebut, Catur Sugeng Didampingi Ketua DPRD Kampar, Sekda Kampar, Forkopimda dan kepala OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Kampar, Ir. Bustan kepada wartawan mengatakan, bahwa sebagai langkah awal guna memotivasi masyarakat, Pemda Kampar menanam bibit jagung jenis Bisi 2 seluas 10 ha di atas lahan milik Pemda Kampar samping SPN Desa Kualu Nenas. Kita menargetkan akan menanam 70 ha tanaman pangan di atas lahan milik Pemda, ungkap Bustan.

Lebih lanjut Bustan menambahkan, bahwa Pemda Kampar menargetkan akan menanam seluas 500 ha tanaman pangan. Saat ini masyarakat sudah menanam 300 ha tanaman pangan di Kabupaten Kampar, ungkap Bustan.

Bustan juga menambahkan, untuk memotivasi masyarakat, Pemda Kampar sudah menyediakan bibit jagung yang bisa dibagikan secara gratis kepada masyarakat Kampar. Bagi masyarakat yang membutuhkan, silahkan meminta bantuan kepada Dinas Pertanian TPH Kabupaten Kampar melalui kelompok tani yang ada, ungkap Bustan.(Adi Jondri)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre