Breaking News

Hari Ini Pemkab Tanah Datar Distribusikan 812 Ton Beras Untuk yang Terdampak Cocid-19

Kab. Tanah Datar(Sumbar),FN - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus mendistribusikan bantuan beras bagi masyarakat terdampak Covid-19.

"Awalnya beberapa hari lalu kita sudah salurkan 100 ton beras yang dibagi 20 Kg per KK kepada masyarakat di beberapa nagari, dan hari Selasa kemarin selanjutnya akan terus dilaksanakan pendistribusian sampai tuntas ke 75 nagari dengan total 812 ton untuk 40.600 KK," kata Kadis Sosial Yuhardi melalui sambungan telepon, Kamis (07/05).

Yuhardi mengungkapkan, masyarakat yang memperoleh bantuan beras 20 Kg/KK ini merupakan masyarakat yang terdampak Covid-19. "Bantuan beras ini tidak bagi masyarakat yang telah memperoleh bantuan program PKH dan Program Sembako, namun masyarakat memperoleh berpenghasilannya terdampak karena kebijakan dalam penanganan Covid-19, misalnya pedagang sekitar sekolah yang tidak bisa berjualan karena siswa libur, pedagang sekitar masjid, tukang ojek dan beberapa profesi lainnya," katanya.

Karena itu, Yuhardi berharap, bantuan beras disalurkan memang sampai kepada masyarakat yang membutuhkan. "Pendataan sesuai kriteria yang telah disampaikan dan diserahkan kepada Wali Nagari dengan persetujuan perangkat nagari lainnya. Awalnya ditemukan 500-an data yang tidak layak karena di luar kriteria seperti PNS, perangkat nagari, dan profesi berpenghasilan tetap lainnya, sehingga dikeluarkan dan akhirnya final 40.600 KK, namun sesuai petunjuk kejaksaan, kalau di lapangan masih ditemukan masyarakat di luar kriteria, maka bisa dialihkan kepada masyarakat yang berhak dengan membuat berita acara," terang Yuhardi.

Yuhardi juga menyampaikan, masyarakat penerima bantuan kalau menerima beras dalam keadaan rusak, maka bisa ditukar dan diganti dengan kualitas beras yang sama. "Beras bantuan ini berkualitas medium namun sudah diuji layak tanak oleh instansi terkait. Apabila penerima bantuan menerima beras dalam keadaan rusak yakni berubah warna menjadi hitam, merah ataupun menggumpal, segera lapor ke Wali Jorong dan Wali Nagari, sehingga bisa disampaikan ke Dinas Sosial untuk ditukar ke penyedia yakninya Bulog," ujar Yuhardi.

Terkait pelaksanaan distribusi yang direncanakan akan dilakukan packing oleh Pemerintah Nagari, Yuhardi menyampaikan, setelah koordinasi dengan Sekretaris Forum Wali Nagari (Forwana) Tanah Datar, Wali Nagari se Tanah Datar sepakat menerima beras dalam packing 20 kg.

"Sesuai masukan pimpinan DPRD untuk pelaksanaan packing atau pengemasan dilakukan pemerintah Nagari, setelah koordinasi dengan Wali Nagari Lima Kaum, dan ia pun sudah membahas di Forwana, maka Pengurus Forwana sepakat untuk packing dilakukan bulog, karena dalam packing tentu butuh waktu, tenaga, tempat dan pengawasan yang ketat agar tidak terjadi kecurangan, makanya saat ini beras sudah dalam berat 20 kg di sampaikan ke Nagari," katanya. (Hendri)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre