Breaking News

Data Tanpa Zonasi Sebaran Covid-19 di Mentawai Sulit Dimengerti

Foto: Update Terbaru Gugus Tugas Covid-19 Mentawai. Kamis, (07/05/2020).

MENTAWAI. FN- Data kasus virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai tanpa zonasi atau pembagian area sebaraan Covid-19 di Mentawai sulit dimengerti. Akibatnya penyajian data Covid-19 tak ada timbul rasa kepuasan bagi pembaca. 

Sementara itu fungsi peta zona penyebaran Covid-19 bertujuan agar dimengerti pembaca dimana saja letak area terdapat kasus diantaranya Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Terkonfirmasi Covid-19. 

Menurut salah satu Warga Mapaddegat yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa Gugus Tugas Mentawai hanya membagikan data Covid-19 terbaru per hari. Sementara dia tidak tahu dimana saja PPT, ODP, PDP, Orang Tanpa Gejala (OTG) dan asal Pasien Terkonfirmasi Covid-19. 

“Jika diketahui zonanya melalui peta tentu kita lebih waspada untuk mematuhi himbauan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Jadi timbul rasa takut yang akan menjadi pengingat bagi Masyafakat. Apalagi kasus Covid-19 ini mudah menular,” ungkapnya kepada Wartawan. Kamis, (07/05/2020). 

Ia menambahkan, Kabupaten kepulauan Mentawai sebagai daerah 3T tentu memiliki kemampuan memahami data terbatas untuk memahami data tanpa zona seperti Zona Hijau, Kuning, Orange dan Merah yang dilengkapi dengan keterangan.

"Terkadang melihat data yang tidak lengkap itu kita jadi malas membacanya. Dari pada bingung lebih baik tidak dibaca. Daerah maju saja menyajikan data pakai Zonasi," terangnya.

Meski demikan ia tetap mengapresiasi himbauan Pemerintah dalam bentuk penyajian berbahasa Nasional disertai bahasa Daerah kabupaten Kepulauan Mentawai. Masyarakat mudah memahami untuk menerapkan himbauan pemerintah tersebut. 

Ia berharap kepada Gugus Tugas Covid-19 Mentawai agar tidak menayangkan data Covid-19 saja. Tetapi tayangkan data peta zona penyebaran Covid-19 di Kepulauan Mentawai secara akurat. 

"Sebenarnya dalam situasi apapun ide kreatif menjadi solusi untuk menuju perubahan, kesejahteraan dan keselamatan bagi kita semua," tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan belum ada balasan pesan Whatshapp dari Juru Bicara Penangan penyebaran Covid-19 Mentawai, Lahmuddin Siregar sementara pesan sudah dibaca.

Adapun rangkuman data Gugus Tugas Covid-19 Mentawai dari berita figurnews.com sebelumnya, tercatat tiga desa per satu Pasien Positif Covid-19 diantara 43 Desa dan 10 Kecamatan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Tiga Desa itu yakni, Desa Goisooinan (Pogari) di Kecamatan Sipora utara dan Desa Nemnem Leleu (Sagitsi), Desa Bosua (Sao) di Kecamatan Sipora Selatan. 

Untuk Desa Pogari Update Gugus Tugas Covid-19 pada 04 Mei 2020 terdapat 142 keluarga atau 570 jiwa dikarantina yang telah mengalami kontak langsung dan tidak langsung dengan Pasien Positif Covid-19 ketiga (Adik dari Pasien Positif pertama). 

Kemudian menurut Kepala Desa Nemnem Leleu pada 03 Mei 2020 terdapat 5 Keluarga atau 24 jiwa mengalami kontak secara langsung dan tidak langsung dengan pasien positif Covid-19 kedua dan telah menjalani Karantina.

Selanjutnya pada Konfrensi Pers Gugus Tugas pada 05 Mei 2020 terdapat 22 orang mengalami kontak dengan pasien positif Covid-19 keempat. 

Kabar bahagia datang terhadap pasien Covid-19 pertama asal Pogari pada 4 Mei 2020 dinyatakan sembuh setelah 2 kali diperiksa melalui Swab Tes di Labor Biomedik FK Unand Padang. Maka saat ini tinggal 3 Pasien Covid-19 yang tengah menjalani Isolasi di RSUD Mentawai. 

Menurut data Gugus Tugas Covid-19 Mentawai, Pasien Pertama asal Desa Goisooinan (Pogari) diketahui Positif Covid-19 pada 12 April 2020 dinyatakan Positif Covid-19. Selanjutnya pasien Positif kedua asal Desa Nemnem Leleu (Sagitsi) pada 22 April 2020. Seterusnya Pasien Positif Covid-19 ketiga Asal Pogari dinyatakan Positif pada 2 Mei 2020. 

Kemudian, Pasien Positif Covid-19 keempat asal Desa Bosua (Sao) dinyatakan positif Covid-19 pada 05 Mei 2020. Keempat pasien Covid-19 ini memiliki kontak dengan pasien pertama Covid-19 yang telah dinyataan sembuh. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre