Breaking News

Rugawa Minta Pemkab Perhatikan Keselamatan Wartawan Peliput Corona di Tanah Datar

Kab. Tanah Datar(Sumbar),FN - Rumah Gadang Wartawan Luhak Nan Tuo (Rugawa) meminta pemerintah Kabupaten Tanah Datar memperhatikan keselamatan kerja bagi wartawan yang bertugas didaerah tersebut. Pasalnya untuk saat ini peran jurnalis sangat urgen sekali dalam menyajikan informasi wabah COVID-19 ke masyarakat. Tidak hanya beresiko kecelakaan kerja, namun ia juga
harus ke lokasi untuk mendapatkan data, fhoto dan berita terbaru.

Meski saat ini jaman sudah canggih, narasumber dapat dihubungi untuk wawancara, namun jurnalis harus tetap ke lapangan untuk memperoleh data, fakta dan foto terbaru.

Ketua Rugawa Tanah Datar Aldoris mengatakan,
Menghadapi wabah virus corona saat ini, resiko terbesar bagi kami seorang jurnalis adalah sering berhadapan dengan narasumber yang belum tahu apakah dia terjangkit corona atau tidak. Namun demi penyajian informasi  akurat kepada masyarakat, mereka terkadang lengah dengan alat pelindung diri.

"Setidaknya pemkab Tanah Datar juga mengalokasikan anggaran untuk keselamatan jurnalis peliput virus corona di Tanah Datar seperti masker, sarung tangan, dan Alat Pelindung Diri lainnya. Jika perlu pemkab juga mengalokasikan anggaran untuk para wartawan yang memberikan kontribusi update pemberitaan kepada masyarakat", katanya.

Untuk itu kata Aldoris, wartawan Tanah Datar minta perhatian pemkab dalam situasional saat ini. Karena masih banyak wartawan di TD yang belum maksimal diberikan tunjangan oleh perusahan dimana ia bekerja.

"Pemkab harus memperhatikan juga mobilitas jurnalis yang begitu tinggi agar informasi-informasi yang diberikan berimbang dan tidak memunculkan kekhawatiran di tengah masyarakat", kata Bung Doy sapaan akrabnya.

Bukan tanpa alasan. Rugawa meminta pemerintah Daerah Tanah Datar memperhatikan nasib dari para pemburu berita ini, mengingat dalam sebuah permasalahan, Ketika sebuah negara mengeluarkan kebijakan lockdown, apakah jurnalis akan berhenti bertugas?

Tentu jawabannya tidak. Sama seperti para dokter atau tenaga medis, jurnalis akan tetap bertugas. Jurnalis juga harus terus melaporkan perkembangan terbaru di lapangan untuk masyarakat.

Wartawan dalam bekerja, berlandaskan UU No.40 tahun 1999, tentang pers. Artinya, para jurnalis bekerja atas dasar undang-undang tersendiri.

"Kerja berat wartawan terkadang tidak diimbangi dengan jaminan sosialnya. Yang jelas, dalam konteks saat ini, profesi itu sangat rentan menjadi korban pertama tertular virus Corona. Tapi tentu apa yang diharapkan dari pemerintah adalah adanya jaminan sosial atau stimulus untuk profesi ini", kata Bung Doy mengakhiri. (Hendri)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre