Breaking News

Tak Ada Petugas, Polisi Tunda Penumpang Turun di Pelabuhan Tuapejat

Foto: Koordinasi Kasat Binmas Polres Mentawai dan Jajaran bersama pimpinan melalui via Whatshapp. Kamis, (26/03/2020).

MENTAWAI. FN– Polisi Resort Kepulauan Mentawai menunda sementara waktu 7 Penumpang Kapal Sabuk Nusantara 68 milik PT. Pelni asal Sikabaluan untuk turun di Pelabuhan Tuapejat, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora utara. Hari ini, Kamis, (26/03/2020) pukul 11.50 wib. 

Menurut Kepala Satuan Bimbingan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Mentawai, Iptu. Mulyadi penundaan terhadap penumpang tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Telegram Kepala Kepolisian Republik Indonesia nomor: ST/868/III/KEP/2020 tertanggal 13 Maret 2020 tentang upaya mengantisipasi virus Corona COVID-19 yang dalam perkembangannya sudah dinyatakan pandemi oleh WHO. 

“Ini kita lakukan untuk mencegah penularan virus covid-19 sesui surat telegram kapolri bapak jendral pol idham azis lalu. Alasannya, ketika turun petugas belum berada di posko untuk melakukan sterilisasi disinfektan pengecakan suhu dan pendataan terhadap penumpang,” ungkapnya. 

Ia menambahkan, penundaan ini mengakibatkan salah satu penumpang komplen karena menunggu 15 menit lebih. Namun kita upayakan memberikan pemahaman terhadap penumpang hingga petugas datang dalam situasi darurat seperti ini. 

Dirincikannya, 7 orang penumpang kapal itu terdiri dari 4 asal Padang, 2 Siberut dan 1 Sikabaluan. Kasat Binmas menghimbau masyarakat agar selalu mematuhi peraturan nasional ini sebagai upaya pemutusan mata rantai penyebaran virus yang mematikan ini.

Ditempat yang sama, Anggota Syahbandar Mentawai, Ali mengatakan bahwa kejadian ini hanya diluar dugaan. Pihaknya telah mengirim perubahan jadwal melalui Group WhatshApps tim gugus tugas kabupaten kepulauan Mentawai. 

“Sebelumnya saya telah mengirim jadwal baru kapal sabuk nusantara 68 terbaru ke group whatshapp tim gugus tugas,” ujarnya saat memperlihatkan foto itu di Handphone miliknya. 

Terpisah Kepala Puskesmas Mapaddegat, Steffanie Ribkha mengatakan pihaknya baru mengetahu adanya kapal masuk melalui pimpinan. Hal itu terjadi karena jadwal kapal Sabuk Nusantara yang terkadang berubah. 

Namun kita tetap berkoordinasi untuk mengupayakan pencegahan penularan virus corona ini di Mentawai. Salah satunya tetap menunggu kapal lain masuk seperti kapal Km. Simatalu dari Pepei, kecamatan Siberut barat daya tadi. 

“Dan kita juga memeriksa penumpang boat dari desa betumonga, kecamatan sipora yang memiliki keperluan disini. Meski dekat kita tetap harus periksa,” ujarnya setelah melakukan pemeriksaan penumpang di Kapal Sabuk Nusantara. 

Tercatat saat ini suhu seluruh penumpang Kapal dan Boat yang memasuki wilayah Tuapejat hingga pukul 14.00 wib hari ini dalam keadaan normal. Sehingga diketahui dari data itu tidak ada yang berasal dari daerah terjangkit, tutupnya. (ev)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre